10 Presiden yang Punya Penampilan Sederhana & Nyentrik Di Dunia

Sosok presiden adalah pemimpin negara yang sangat dihormati di sebagian besar negaranya, bahkan ada beberapa negara yang menganggap bahwa presiden atau pemimpin negara mereka layaknya seorang dewa penyelammat bagi rakyat. Namun tak jarang pula seorang presiden menjadi sasaran kritik dari masyarakatnya sendiri lantaran tingkah dan kebijakannya yang menyengsarakan rakyat.


Presiden atau pemimpin negara seperti raja dan perdana menteri tentunya sangat erat dengan yang namanya kemewahan, misalnya mobil khusus kepresidenan, pengawal pribadi, rumah mewah, dan berbagai fasilitas khusus yang memang diberikan kepada sosok pemimpin negara. Namun tahukah bahwa di dunia ini ada banyak sosok pemimpin negara yang lebih memilih meninggalkan kemewahan yang memang hak-nya dan memilih hidup sederhana seperti rakyat biasa. Siapa saja sosok presiden sederhana dan nyentrik yang ada di dunia ini? Berikut adalah daftarnya :

1. KH Abdurahman Wahid (Gus Dur)
Presiden RI ke-4 ini memang hanya memimpin Indonesia selama 3 tahun saja (1999-2001), namun selama kepemimpinannya, Gus Dur meninggalkan berbagai kesan yang sangat menyentuh untuk rakyat dan orang-orang di dekatnya. Sosok yang suka memakai pakaian nyentrik ini terkenal sangat sederhana, mulai dari sendal yang dipilih sebagai alas kakinya, tak punya dompet, dan kadang tidur di lantai kala berada di kantornya.

2. Fernando Lugo
Lugo adalah seorang pastor yang kemudian terpilih jadi presiden Paraguay pada tahun 2008, dia tidak mau menerima gajinya yang sebesar $4.000. Dia juga memilih tinggal di rumahnya yang sederhana dengan pakaian sederhana layaknya orang biasa, bahkan presiden ini sering mengkonsumsi makanan biasa yaitu singkong rebus, nasi putih, daun kol cacah (salad) yang merupakan makanan khas masyarakat Paraguay. Sayangnya nasib Lugo juga seperti Gus Dur, dikudeta oleh pihak lain sehingga pada tahun 2012 dia harus turun dari jabatannya sebagai presiden.

3. Jose Mujica
Seorang revolusioner yang pernah dipenjara selama 14 tahun ini kemudian menjadi presiden uruguay pada tahun 2010. Pepe, sapaannya, lebih memilih tinggal di rumah sederhana dan menyumbangkan 90% gajinya, dia juga lebih menyukai vespa untuk menuju ke kantornya. Pepe memang sangat terkenal di dunia, bahkan dia dianggap sebagai seorang presiden termiskin yang ada di dunia ini.

4. Fidel Castro
Presiden Kuba yang sudah meninggal beberapa waktu lalu ini juga punya gaya dan penampilan yang sangat sederhana, selain itu dia juga punya kebijakan yang cukup nyentrik, salah satunya dengan bermusuhan dengan AS yang merupakan negara super power. Menurut kabar yang berhembus, Castro hanya menerima gaji sebesar Rp 350.000, 00, wow ini merupakan salah satu hal yang sangat mengejutkan bagi dunia tentunya. Sosok Castro sangat dicintai rakyatnya, bahkan banyak tokoh dunia yang mendukung Castro karena tindakannya yang begitu berani.
5. Nelson Mandela
Seorang yang sangat berpengaruh di dunia dengan menghapuskan politik Apartheid yang merugikan orang kulit hitam. Presiden Afrika Selatan sejak 1994 ini merupakan salah seorang yang paling berpengaruh di dunia, dengan kehidupan yang sederhana dan pro terhadap rakyat membuat Nelson Mandela sangat dicintai, bukan hanya oleh rakyatnya namun juga oleh seluruh dunia.

6. Evo Morales
Presiden Bolivia ini mengalami masa kecil dalam kemiskinan, bahkan dulunya dia adalah penggembala domba dan pernah jadi petani. Evo jadi presiden pada tahun 2006, dan dia memotong gajinya untuk meningkatkan jumlah guru dan dokter di negerinya.

7. Mahmoud Ahmadinejad
Presiden Iran sejak 2005 ini adalah sosok yang dibenci oleh barat namun sangat dicintai oleh rakyatnya. Sejak menjadi presiden Iran, Ahmadinejad langsung menyumbangkan karpet di intana negara ke masjid dan menggantinya dengan yang lebih murah, dia juga selalu mengingatkan para menterinya agar hidup dalam kesederhanaan.

8. Luiz Inacio Lula Da Silva
Presiden Brazil dengan latar belakang aktivis buruh dan lahir dari keluarga yang miskin. Lula menjadi presiden Brasil pada 2002 dan hidup dengan sederhana, bahkan kala kepemimpinannya Brasil mengalami peningkatan ekonomi yang cukup signifikan.

9. Raffael Correa
Presiden Ekuador ini merupakan salah satu orang yang sangat terkenal di negerinya, dia sangat pro rakyat dengan memotong gajinya sendiri dan gaji pejabat lain yang membuat pendapatan negara meningkat tajam dan membuat Ekuador semakin membaik ekonominya.

10. David Cameron
Perdana menteri Inggris ini hidup di negeri yang penuh kemewahan, namun dia berhasil mengubah gaya hidup glamour itu kala memimpin negeri ratu Elisabeth itu. Dia membuat kebijakan untuk para menterinya agar meninggalkan mobil dinas yang mewah dan menggantinya dengan memakai kereta umum, bergabung dengan rakyat, dan hal ini sangat membantu negara untuk berhemat.