8 Penyebab Kesemutan dan Cara Mengatasinya dengan Mudah Tanpa Obat

Kesemutan biasa dialami oleh banyak orang terlalu lama berada dalam posisi tertentu, terkadang kesemutan sangat menyiksa dan menyakitkan. Saya sendiri pernah mengalami kesemutan parah saat berada di atas panggung sehingga tidak bisa berjalan dan harus ditandu untuk bisa turun panggung karena kaki saya benar-benar mati rasa dan itu sangat memalukan.


Penyebab kesemutan adalah terganggunya aliran darah yang membuat darah yang seharusnya mengalir malah terhambar dan akhirnya terjadilah kesemutan. Namun sebenarnya ada beberapa penyebab lain yang membuat anda kesemutan, diantaranya :
  1. Merokok : perokok aktif akan mengalami gangguan paru-paru, jantung, dan aliran darah yang menyebabkannya sering mengalami kesemutan. Untuk mengobatinya tentu saja anda harus berhenti merokok.
  2. Kurang olahraga : jika anda malas olahraga, maka pembuluh darah akan menyempit dan akhirnya sering mengalami kesemutan. Anda wajib menambah aktifitas fisik demi menjaga kesehatan tubuh.
  3. Stres : ternyata stress juga membuat seseorang sering mengalami kesemutan karena aliran darahnya tidak lancar, ada baiknya anda rileks dengan yoga dan meditasi jika sedang menghadapi masalah yang berat.
  4. Mandi air dingin : ternyata mandi air dingin yang terlalu sering juga berbahaya loh karena bisa menyempitkan pembuluh darah, ada baiknya sesekali anda mandi air hangat demi bisa menjaga kestabilan tubuh.
  5. Pegal dan nyeri : capek bekerja membuat beberapa bagian tubuh terasa pegal dan nyeri dan menyebabkan anda mudah mengalami kesemutan, terapi pijat bisa menyembuhkan hal tersebut karena memperlancar aliran darah.
  6. Makanan cepat saji : selain buruk untuk kesehatan tubuh lain, nyatanya makanan cepat saji juga berbahaya untuk kesehatan pembuluh darah, hindari makanan cepat saji dan makan yang bergizi agar tubuh sehat.
  7. Kurang tidur : penyakit akan berdatangan ketika anda kurang tidur dalam waktu yang lama, ada baiknya anda mengambil waktu untuk bisa tidur berkualitas demi kesehatan diri.
  8. Duduk terlalu lama : untuk anda yang kerja di tempat di depan layar komputer dan sering merasa kesemutan, jangan panik! Sebaiknya lakukan peregangan ketika merasa sudah lelah, hal ini bisa membuat aliran darah jadi lebih lancar.
Hati-hati dengan kesemutan yang terus menerus anda alami, segera datang ke dokter dan lakukan pengobatan medis karena bukan tak mungkin jika itu adalah pertanda penyakit berbahaya yang anda alami.