Otak Bisa Rusak Karena 7 Kebiasaan Sepele Ini

Otak adalah bagian vital di dalam kepala kita, dan tidak terbayangkan jika terjadi masalah pada otak karena dapat menyebabkan banyak masalah serius dengan kesehatan. Tentu saja kita wajib menjaga otak agar tetap sehat dan berkembang dengan baik.


Namun tahukah anda bahwa otak kita bisa rusak dan sakit karena hal-hal sepele yang sering kita lakukan dalam hidup ini? Hindarilah kebiasaan berikut ini jika anda tidak ingin mengalami kerusakan otak :

1. Merokok
Penelitian menunjukkan para perokok mengalami pengecilan dan penyempitan syaraf otak yang memicu Alzheimer dan demensia yang sangat berbahaya terhadap otak.

2. Kurang makan
Pola hidup orang sibuk adalah dengan meninggalkan makanan pokok seperti sarapan, ternyata hal itu malah menyebabkan penurunan gula darah yang membuat pasokan nutrisi ke otak terganggu.

3. Kekurangan oksigen
Jika anda hidup di kota yang kumuh, maka jangan kaget jika otak anda rusak karena kekuranga oksigen di dalam darah. Selain karena polusi, ternyata hal simpel seperti menutu kepala saat tidur juga berakibat kurang oksigen saat tidur dan menyebabkan otak rusak.

4. Radiadi ponsel
Sudah banyak peneliti yang mengatakan bahwa radiasi ponsel menyebabkan kanker dan tumor otak, selain itu sebenarnya dengan meletakkan ponsel anda di dekat kepala dalam waktu lama juga bisa menyebabkan sakit kepala.

5. Konsumsi makan berlebihan
Hidup harus seimbang, kalau kekurangan makan menyebabkan penyakit, begitu pula dengan kelebihan makanan. Jika anda kebanyakan mengkonsumsi gula, maka peredarand arah ke otak akan terhambat dan menyebabkan perkembangan otak terganggu.

6. Kurang tidur
Untuk anda yang sering begadang, hati-hati karena dapat menyebabkan otak rusak akibat sel-sel di otak tak dapat beregenerasi akibat anda terus beraktivitas di malam hari.