Akankah Spanyol Bernasib Seperti PSSI Karena Intervensi Pemerintah?

PSSI merupakan induk sepakbola Indonesia yang penuh dengan drama sehingga tidak kaget jika timnas Indonesia tak pernah merasakan kejayaan seperti negara lain. Di dalam PSSI sering terjadi kongkalikong diantara petingginya sehingga sepakbola hanya dijadikan sebagai hiasan dalam permainan mereka di dalam PSSI.


Berbagai kontroversi di kubu PSSI sudah terjadi sejak dulu, yang cukup terkenal diantaranya adalah :
  1. Nurdin Halid yang terjerat kasus korupsi dan harus dipenjara enggan melepas jabatan sebagai ketua PSSI sehingga FIFA sampai mengancam sanksi pada 2007
  2. Dualisma liga dimana ada Liga Primer Indonesia dan Liga Super Indonesia yang menyebabkan kisruh sepakbola tanah air
  3. Kisruh pembentukan komite normalisasi yang menyebabkan pertarungan para petinggi dan orang-orang kaya di tanah air
  4. Pelatih Alfred Riedl yang membawa timnas ditakuti dipecat dan gajinya ditunggak karena PSSI dan Nirwan Bakrie saling bersitegang
  5. Intervensi pemerintah yang menyebabkan FIFA menjatuhkan sanksi pada PSSI dan sepakbola Indonesia dibekukan
Kasus terakhir sangat menyakitkan karena Indonesia punya banyak sekali pemain sepakbola hebat dan mereka harus menganggur karena liga dihentikan. Bahkan Indonesia harus merasakan siksaan di pentas luar negeri karena terasing.

Kisruh sepakbola Indonesia adalah cerita lama yang masih sama dimana banyak orang-orang yang hanya mementingkan dirinya di Indonesia, menggunakan kekuasaan dan uang untuk bisa berbuat seenaknya sendiri.

Nah ternyata kisruh seperti ini bukan hanya di Indonesia, Spanyol yang menjadi salah satu negara hebat dalam dunia sepakbola baru-baru ini mengalami masalah yang hampir mirip.

Pertama adalah kasus Catalunya yang ingin merdeka sehingga ketegangan terjadi di Spanyol, khususnya persaingan Real Madrid dan Barcelona. Kedua adalah kasus korupsi yang dilakukan oleh presiden RFEF, Angel Maria Villar, sehingga posisinya digantikan oleh Juan Luis Larrea.

Beda dengan di Indonesia yang tidak tahu diri, presiden PSSI-nya Spanyol langsung mengundurkan diri karena merasa bersalah.

Sayangnya FIFA menduga bahwa pemerintah Spanyol melakukan intruksi dengan memerintahkan RFEF melakukan pemilihan presiden baru. FIFA kemudian mengancam RFEF bisa dibekukan dan tidak bisa mengikuti piala dunia di Rusia jika benar kasus ini memang terbukti.

Akankah Spanyol akan bernasib seperti Indonesia dengan mendapat sanksi dari FIFA karena campur tangan pemerintah?