Cerita Naufal Raziq Buat Listrik dari Pohon Kedondong dan Kerjasama dengan Pertamina

Naufal Raziq, bocah umur 15 tahun asal Aceh berhasil menjadi seorang penemu yang membanggakan Indonesia. Di usianya yang terbilang masih muda itu, Naufal berhasil menemukan cara membuat aliran listrik dari pohon kedondong yang bisa digunakan untuk menyalakan lampu dan membantu warga dalam mendapatkan listrik.


Ternyata Naufal sudah menemukan metode listrik dari pohon kedondong itu sejak usia 13 tahun atau 2 tahun yang lalu, tapi kenapa baru sekarang terekspos ke media yah?

Naufal adalah siswa yang terinspirasi dengan pelajaran IPA di SD. Dia mengetahui bahwa dalam kentang terdapat aliran listrik yang bisa dimanfaatkan, dia mencobanya dengan memasukkan lempeng tembaga dan logam dan menciptakan aliran listrik.

Naufal kemudian mencoba mendapatkan aliran listrik dari pohon, dia mencobanya pada pohon mangga, belimbing, hingga pohon kedondong yang menurutnya paling baik.

Naufal memasukkan logam dan tembaga yang dilapisi tisu ke dalam pohon kedondong yang sudah dilubangi. Dari satu lubang bisa menghasilkan aliran listrik 1 volt dan 1 pohon bisa dilubangi 4 kali dan menghasilkan aliran 4 volt yang bisa menyalakan 1 lampu.

Penemuan Naufal ini sudah digunakan di desa Tampur Paloh, Langsa, Aceh, untuk menerangi beberapa rumah warga.

Naufal masih terkendala dengan biaya karena untuk menyalakan 2 lampu dari pohon kedondong, dia membutuhkan dana hingga Rp 1,2 juta. Untungnya pemerintah melalui Pertamina membantunya dan menanggung semua biaya yang dia perlukan.

Naufal Raziq merupakan anak yang berbakat, dia berhasil menemukan aliran listrik dari pohon kedondong yang alami. Semoga penemuannya ini bisa dikembangkan dan menghasilkan hal yang positif untuk teknologi di Indonesia.