4 Kutipan Populer Stephen Hawking yang Menjadi Kontroversi

Stephen Hawking adalah fisikawan terkenal yang berasal dari Inggris, dia merupakan salah seorang yang dianggap memiliki IQ setingkat dengan Einstein. Selama hidupnya, dia sudah meraih berbagai penghargaan atas sumbangsihnya dalam dunia ini, beberapa teori dan bukunya membantu dunia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan.


Meskipun seorang yang populer dan memiliki banyak kelebihan, toh nyatanya Hawking tidak tumbuh dalam kondisi yang normal seperti orang pada umumnya. Dia mengalami kelumpuhan karena penyakit, namun hal itu tidak membuatnya berhenti berkarya hingga saat ini.

Dibalik berbagai kelebihannya, nyatanya Stephen Hawking juga seorang yang cukup kontroversial dan kadang membuat pernyataan yang membingungkan dan bertentangan dengan keyakinan di dunia ini. Bahkan karena kutipan-kutipannya, ada sebagian orang yang menyatakan bahwa Hawking adalah seorang atheis.

Berikut ini adalah kutipan Stephen Hawking yang kontroversial :

1. Manusia hanya punya waktu 100 tahun lagi
Katanya manusia cuma punya waktu 100 tahun saja untuk menemukan planet baru yang bisa ditinggali atau mengalami kepunahan seperti dinosaurus. Dia menyatakan bahwa penyebab kepunahan manusia diakibatkan oleh perubahan iklim, serangan asteroid, penyakit, dan pertumbuhan penduduk yang tidak stabil. Pernyataan ini banyak ditentang oleh ilmuwan lainnya, bahkan kaum agamis juga menentang pernyataan ini.

2. Tuhan tidak menciptakan alam semesta
Hawking mengatakan "Alam memiliki hukum sendiri. Salah satunya gravitasi. Dengan begitu alam semesta bisa mencipta diri sendiri dari ketiadaan. Tak perlu meminta Tuhan untuk membuat cetak biru dan mengaturnya". Tentu saja ini bertentangan dengan kaum agamis yang mempercayai segala yang ada di dunia ini adalah ciptaan Tuhan.

3. Pikiran Tuhan bisa dibongkar
Hawking berkelakar "Jika kita menemukan jawaban dari proses pembentukan alam semesta, itu akan menjadi kemenangan akal manusia. Dengan begitu, kita juga akan mengetahui jalan pikiran Tuhan", padahal manusia hanya diberikan sedikit pengetahuan saja.

4. Hukuman mati
"Setiap manusia memiliki hak untuk mengakhiri hidupnya masing-masing, kalau dia mau. Namun, itu akan jadi kesalahan besar kalau manusia lain memberikannya melalui hukuman mati. Betapapun terlihat sangat buruk, selalu ada harapan", mengakhiri hidup adalah hal yang dilarang karena merupakan sifat keputus asaan iblis.

Memang banyak sekali kutipan dari orang-orang jenius di dunia yang menimbulkan kontroversi di masyarakat, terkadang mereka mengeluarkan ucapan yang nyeleneh tanpa diketahui maksud di baliknya. Percayakah anda dengan Stephen Hawking?