10 Penjahat Paling Terkenal Di Dunia Sepanjang Masa

Penjahat adalah orang yang sering melanggar hukum, dekat dengan kekerasan, perusakan, dan merugikan pihak lain dengan segala tindakan buruknya. Peran polisi sebagai penegak hukum sangat penting kaitannya dengan adanya banyak penjahat yang saat berada di bumi. Polisi dan penjahat terkadang diibaratkan antara malaikat dan setan yang punya sisi hidupnya masing-masing.


Dari sekian banyak penjahat, perampok, atau bahkan pencuri yang ada di dunia ini, setidaknya ada 10 orang penjahat yang kisahnya melegenda dan jadi pembicaraan hingga saat ini. Entah karena berasal dari barat yang dibesar-besarkan oleh media, atau memang kehebetan mereka dalam melanggar hukum yang membuatnya jadi terkenal.

Berikut ini adalah 10 penjahat paling tersohor di dunia ini :

1. Dick Turpin
Penjahat yang meresahkan warga Inggris di tahun 1730an ini merupakan salah satu anggota geng rusa pencuri yang sering meneror penduduk di pinggiran, melakukan kekerasan, dan merampok barang berharga dari pemiliknya. Akhir perjalanan bandit yang satu ini adalah ketika dia harus menjadi pesakitan di tiang gantung atas hukumannya di tahun 1730.

2. Butch Cassidy
Di akhir tahun 1800an, ada seorang penjahat yang terkenal karena sering merampok kereta yang membawa uang. Nama aslinya adalah Robert LeRoy, bersama 8 anggota geng wild buch, dia berhasil melakukan perampokan dengan jumlah yang sangat banyak.

Pada masa itu, Butch adalah salah satu kriminal paling dicari di beberapa negara karena tindakan ilegalnya, hingga akhirnya dia tewas setelah terjadi baku tembak dengan para polisi yang memburunya.

3. Vincenzo Peruggia
Pencuri yang satu ini hanya melakukan 1 kali pencurian, namun pencurian itu sangat besar pada masanya. Pasalnya benda yang dicuri pada tahun 1911 adalah lukisan Monalisa yang terkenal hingga saat ini. Lukisan Monalisa merupakan salah satu lukisan paling terkenal di dunia.

Lukisan yang dicuri dari musem Louvre di Paris itu kemudian dibawa ke Italia dan hendak dijual, namun sayangnya dia ditangkap dan harus mendekam di penjara. Meski setelah diinterogasi, dia mengakui aksi tersebut demi mengembalikan lukisan itu ke negara asalnya, hal itu membuatnya hanya dipenjara 6 bulan saja dan setelah bebes, dia malah dijadikan tentara dan ikut perang dunia 1.

4. The Barefoot Bandit
Penjahat di era modern yang merepotkan pihak kepolisian Amerika selama beberapa tahun. Nama aslinya adalah Colton Harris-Moore, pemuda 19 tahun yang berhasil mencuri pesawat hingga 5 buah, mobil, perahu, yang jika dijumlahkah totalnya mencapai miliaran Rupiah.

Pencuri tanpa alas kaki adalah julukannya, dia akhirnya harus menghadapi hukuman 15 tahun penjara atas aksinya yang super nekad itu.

5. Jesse Woodson James
Mantan tentara Amerika yang kemudian menjadi perampok dan penjahat kejam, namun bagi sebagian orang, dia dianggap sebagai Robin Hood. Jesse tewas di tangan temannya sendiri yang berkhianat karena uang imbalan dari Gubernur sebesar ratusan juta Rupiah.

6. Billy The Kid
Dia adalah seorang legenda, bernama asli William Henry McCarty. Banyak film bahkan lagu yang dibuat atas dasar kisahnya tersebut, seorang pencuri dan pembunuh yang cukup merepotkan Amerika pada masanya.

7. Salvatore Giuliano
Dijuluki sebagai Robin Hood dari Sisilia, Italia. Punya pasukan yang mencapai 600an orang, merampok yang kaya dengan kejam dan membagikannya kepada yang miskin.

Pemerintah Italia kala itu bahkan harus menurunkan ribuan pasukan untuk berperang dengan penjahat yang satu ini karena dia menantang secara tegas kepada pemerintah Italia. Hingga akhirnya dia tewas di tangan petugas yang memberondongnya dari jarak dekat.

8. Ned Kelly
Penjahat yang dianggap sebagai pahlawan rakyat Australia di abad ke 19. Dia bersama kelompoknya sering merampok bank dan melakukan kekerasan demi warga Australia keturunan Irlandia. Dia akhirnya tertangkap dan dihukum gantung atas perbuatannya, namun kisahnya pernah difilm-kan pada tahun 2003.

9. Claude Du Val
Perampok legendaris dari Perancis di abad ke-17 ini mencuri tanpa kekerasan, bahkan dia memiliki penampilan menakjubkan layaknya orang kaya pada masanya. Dia adalah idola para wanita karena ketampanannya, meski akhirnya harus dihukum gantung atas aksi kejahatannya.

10. Bonnie and Clyde
Kisah cinta 2 kriminal yang sangat terkenal di Amerika hingga saat ini, mereka adalah pasangan perampok dengan kekerasan yang merepotkan para petugas kepolisian pada masa itu karena pelariannya yang brutal.