20 Jenis Tanaman Hias yang Dapat Membersihkan Udara

Di dalam lingkungan tempat tinggal kita saat ini, polusi menjadi salah satu momok yang benar-benar menakutkan. Bukan hanya karena asap knalpot, pabrik, rokok, debu, atau bahkan asap pembakaran sampah, toh nyatanya asap yang berasal dari dalam ruangan tempat tinggal juga cukup berbahaya dan kurang begitu diperhatikan.


Bagi anda yang kurang menyukai AC atau alat elektronik lain yang biasa digunakan untuk menjernihkan udara, ada baiknya anda mulai melakukan hal alami yang bisa menyaring udara kotor. Salah satunya adalah dengan memelihara tanaman hias di dalam rumah.

Selain sebagai hiasan rumah agar terlihat lebih asri, nyatanya beberapa tanaman hias mampu dijadikan sebagai pembersih udara yang kotor. Berikut ini adalah 20 jenis tanaman hias yang bisa anda gunakan sebagai hiasan sekaligus pembersih ruangan dari polusi udara :

1. Lidah Mertua (Sanseviera)
Tanaman yang satu ini memiliki banyak kegunaan seperti penyubur rambut, obat diabetes, wasir, dan bahkan kanker. Dengan bentuk daun yang panjang, keras, dan meruncing, tanaman ini sangat cocok dijadikan tanaman hias, dan ternyata sangat ampuh menyerap polusi dan racun dari udara yang ada di sekitar ruangan.

2. Suplir
Tanaman dengan daun kecil dan batang yang seperti lidi ini juga memiliki khasiat untuk menjernihkan udara di dalam ruangan. Namun dalam perawatannya, anda harus rajin untuk memberikan air, pupuk, dan sinar matahari yang cukup.

3. Bunga Aster Garbera
Dikenal sebagai salah satu bunga yang dapat menghasilkan oksigen dengan jumlah banyak, ternyata tanaman yang cocok untuk pengidap insomnia ini mampu menyaring udara di sekitar ruangan dengan baik.

4. Palem Kuning
Banyak ruangan yang menyediakan tanaman yang satu ini sebagai penyaring udara alami, selain karena bentuknya yang cukup ramping, tanaman yang satu ini mampu menyaring udara kotor di sekitar ruangan.

5. Bunga Anthurium
Tanaman indor yang satu ini punya bentuk yang indah, apalagi kalau berbunga. selain cocok untuk tanaman hias, bunga yang satu ini punya kemampuan untuk menjernihkan udara di dalam ruangan dengan sangat baik loh.

6. Bunga Peace Lily
Bunga yang tidak membutuhkan sinar matahari terlalu banyak ini cocok diletakkan di dalam ruangan yang lembab, bunga yang satu ini baik untuk menangkal polusi di dalam ruangan.

7. Pakis Boston
Pakis pedang merupakan salah satu tanaman yang banyak digunakan orang sebagai penghias rumah, namun nyatanya tanaman yang satu ini juga kemampuan untuk menyerap udara kotor dan menggantinya dengan oksigen yang segar.

8. Sirih Belanda
Nama asingnya adalah Devil's Ivy, tanaman hias yang kurang begitu tenar namun memiliki daya serap udara kotor yang cukup baik dan cocok diletakkan di dalam ruangan sekalipun.

9. Hedera Helix
Nama asingnya adalah english Ivy, tanaman yang mirip sirih belanda dan sama-sama memiliki kemampuan hebat dalam menyaring polusi udara di sekitar ruangan.

10. Palem Bambu
Tanaman yang satu ini tidak terlalu banyak membutuhkan sinar matahari untuk pertumbuhannya, jadi sangat cocok untuk anda yang tidak mau repot merawat tanaman.

11. Lady Palm
Palem berwarna coklat ini juga tidak membutuhkan perawatan yang khusus, selain itu tanaman ini punya kemampuan hebat dalam menyaring racun yang ada di udara.

12. Walisongo (Schefflera)
Tanaman yang daunnya mirip singkong ini memiliki tampilan mengkilap dan berbentuk oval. Biasanya digunakan di sekitar ruangan merokok karena kemampuannya yang mampu menyerap berbagai udara kotor dan beracun.

13. Andong (Massangeana Cane)
Tanaman hias yang biasanya digunakan sebagai pagar pembatas di sekitar rumah ini ternyata juga bermanfaat dalam mengurangi polusi udara di sekitarnya loh.

14. Anggrek bulan
Anggrek merupakan salah satu tanaman dengan nilai jual yang tinggi, perawatannya khusus dan bisa digunakan sebagai penyaring udara alami di dalam ruangan.

15. Karet Hias
Tanaman yang satu ini merupakan salah satu tanaman yang paling kuat dalam menyaring udara, bentuknya biasa saja namun memiliki kemampuan menyaring udara kotor yang beracun di sekitarnya.

16. Pohon Naga
Dengan batang yang tinggi dan keras, tanaman yang cocok berada di pojok ruangan ini punya daya serap udara yang cukup hebat, bahkan bahan kimia sekalipun bisa diserap oleh tanaman yang satu ini.

17. Bunga Krisan
Bunga Seruni adalah bunga yang cantik dan rupawan, beraroma wangi, dan bisa menyejukkan mata kala dipandang. selain tampilannya yang cocok sebagai hiasan, nyatanya bunga ini punya kemampuan mengurangi polusi udara di dalam ruangan.

18. Lidah Buaya
Tanaman dengan banyak kegunaan ini juga cocok jika hendak digunakan sebagai tanaman hias, padalnya Aloe Vera punya kemampuan hebat dalam menyerap udara kotor di sekitarnya.

19. Dracaena
Tanaman dengan daun berwarna putih kekuningan di sampingnya ini punya daya serap terhadap udara dengan baik, hal ini juga sejalan dengan tampilannya yang kalem dan cocok dijadikan hiasan rumah.

20. Spider Plants
Tanaman laba-laba mungkin cukup berantakan di sekitar ruangan, namun memiliki kemampuan hebat dalam menyerap racun di udara.