Kekecewaan Terhadap JNE Karena Pelayanan Yang Tidak Sesuai

Salah satu berita yang ramai diperbincangkan pada awal tahun 2017 ini adalah kekecewaan para pengguna jasa pengiriman JNE (Jalur Nugraha Ekakurir). Salah satu portal berita online di Aceh, acehkita.com menuliskan sebuah artikel dengan judul "JNE Amburadul, Pengguna Jasanya Kecewa". Sontak berita ini menjadi salah satu berita populer dalam website tersebut, dan dari pengamatan saya di google trend hari kemarin, sebanyak 20 ribuan pencarian terhadap kasus JNE ini membuatnya menjadi salah satu trending topik yang hangat diperbincangkan.


Kasus ini sebenarnya dikarenakan adanya libur tahun baru yang membuat pengiriman barang tersendat, saya sebagai salah satu pemakai jasa pengiriman yang sering mengalami masalah merasa wajar saja karena pada hari libur mereka tidak beroperasi tentunya. Namun banyak pemakai jasa JNE yang merasa kecewa pada mereka, salah satunya di Aceh sana yang mengatakan jika sebenarnya barang kiriman sudah sampai ke kantor cabang namun tidak jua dikirimkan ke rumah atau kantor tujuan.

Bahkan menurut penuturan para pemakai jasa JNE seperti yang dikutip dari acehkita.com, mereka yang tidak sabar akan kedatangan barang kiriman mereka akhirnya mendatangi kantor JNE untuk mengambil barang kiriman mereka. Namun sayangnya pihak JNE mengalami kesulitan karena overload dan tidak bisa langsung memberikan barang yang mereka minta, tentu hal ini membuat banyak pelanggan yang kecewa dan marah.

Sebenarnya salah siapa ketika terjadi masalah seperti ini? Menurut saya, terkadang kita harus sadar diri terlebih dahulu ketika mau memakai jasa pengiriman, karena belum tentu perjalanan paket kita sampai ke tujuan dengan tepat waktu. Saya sendiri sering mengalami kejadian seperti ini, pada saat memakai jasa pengiriman lain (bukan JNE), pengiriman bisa molor sampai 2 minggu lamanya, dan setelah ditelusuri ternyata sudah ada di gudang namun tidak dikirmkan oleh kurirnya.

Semoga kasus-kasus seperti ini bisa segera diselesaikan, para pengguna jasa pengiriman bisa tenang saat memakai jasa mereka, dan para penyedia jasa pengiriman dan logistik bisa memperbaiki sistem mereka sehingga bisa lebih baik ke depannya.

Artikel ini saya tuliskan bukan untuk menjelek-jelekkan salah satu pihak sama sekali, saya sendiri adalah pemakai jasa pengiriman JNE, Tiki, J&T, Pos, dan lain sebagainya dan saya akui bahwa saya sangat puas dengan pelayanan mereka terlepas dari masalah yang kadang terjadi.