5 Kecelakaan Kapal Mengerikan Dengan Korban Terbanyak Di Dunia

Kapal merupakan salah satu alat transportasi laut yang banyak digunakan saat ini, namun masih banyak orang yang enggan menggunakan kapal laut karena mereka beranggapan bahwa resiko kecelakaan di laut lebih besar dan tentu saja lebih mengerikan jika dibandingkan transportasi darat dan udara. Sebenarnya tidak salah juga jika banyak orang beranggapan seperti itu, namun saat ini standar keamanan kapal laut terus ditingkatkan dan tentu saja lebih baik lagi.


Dalam sejarah modern, ada banyak sekali kecelakaan laut yang menyebabkan kapal tenggelam ataupun terbakar di tengah laut. Hal ini membuat banyak nyawa melayang dan terkadang membuat kerusakan di laut akibat kecelakaan itu. Berikut ini akan saya berikan informasi tentang 5 kecelakaan kapal laut terparah dengan jumlah korban terbanyak di dunia ini :

5. Kecelakaan RMS Titanic
Waktu : 15 April 1912
Tempat : Samudra Atlantik
Korban : 1.517 meninggal
Peristiwa : Kapal Titanic berangkat dari Shouthampton (Inggris) menuju New York (Amerika), namun di tengah perjalanan kapal menabrak gunung es sehingga membuat kebocoran kapal, perlahan kapal tenggelam sedangkan sekoci yang tersedia tidak mampu menampung semua penumpang. Titanic tenggalam bersama banyak barang berharga dan ribuan nyawa, peristiwa ini dijadikan film dan menjadi salah satu film terlaris di dunia yang memakan biaya sangat banyak.

4. Kecelakaan kapal laut Sultana
Waktu : 27 April 1865
Tempat : Sungai Missisipi
Korban : 1.800 meninggal
Peristiwa : Kapal ini berlayar membawa penumpang yang sebagian besar bekas tahanan yang hendak dikirim ke rumah mereka, namun tungguk pemanas meledak dan membakar sebagian kapal, batu bara beterbangan membakar sisa kapal dan membuat banyak nyawa melayang.

3. kecelakaan kapal laut MV Joola
Waktu : 26 September 2002
Tempat : Dekat pantai Gambia, Afrika
Korban : 1.863 meninggal
kejadian : Kapal kelebihan beban penumpang, ditambah dengan ombak besar dan angin kencang membuat kapal oleng dan menenggelamkan hampir semua penumpangnya, hanya sekitar 25 orang saja yang selamat dengan 1 sekoci

2. Kecelakaan kapal Halifax Explosion
Waktu : 6 Desember 1917
Tempat : Scotia-Kanada
Korban : 1.950 meninggal
kejadian : Kapal berisi mesiu dan bahan peledak untuk militer ditabrak kapal Norwegia "The Narrows" yang menyebabkan ledakan dahsyat dan menghancurkan kota di pantai dengan jarak 50 meter.

1. Kecelakaan kapal MV Dona Paz (Do=C3=B1a Paz)
Waktu : 20 Desember 1987
Tempat : Selat Tablas, Filipina
Korban : 4.375 meninggal dunia
kejadian : Kapal feri ini bertabrakan dengan kapal Vector yang membawa minyak, selain karena tabrakan ternyata faktor kelebihan muatan juga menjadi penyebab kecelakaan ini.