Peta Kekuatan Klub-Klub yang Berhasil Lolos dari Fase Grup Liga Champions 2016

Pertandingan fase grup UCL berakhir pada hari Kamis, 8/12/16, dan sejumlah 16 klub resmi memastikan diri lolos ke babak selanjutnya di liga Champions 2016/2017. Beberapa nama besar klub yang langganan di liga Champions memastikan diri lolos dari grup dengan lebih cepat, bahkan ada yang sudah memastikan lolos dari pertandingan ke 3 dan 4 mereka tanpa terpengaruh dengan hasil lainnya.


Pertandingan di fase grup sendiri terbilang seru dan menakjubkan, kuda hitam dari Inggris yaitu Leichester City membuktikan diri mereka mampu bersaing dengan klub-klub besar eropa lainnya, bahkan sampai pertandingan ke 4, Leichester menyapu bersih pertandingan tanpa kebobolan dan itu membuat mereka masuk dalam catatan sejarah menyamai rekor Malaga. Di pertandingan ke-5, mereka menang namun kebobolan 1 gol.
Berikut adalah informasi dan peta kekuatan dari klub-klub yang berhasil lolos dari fase grup liga Champions 2016 :
  1. Arsenal, setelah bersaing dengan 3 tim lainnya, Arsenal memastikan diri sebagai pemuncak klasemen grup A dengan raihan 14 poin hasil 4 kali menang dan 2 kali imbang tanpa kekalahan satu kalipun. Mereka memasukkan 16 gol dan hanya kebobolan 6 gol saja, ini adalah rekor yang cukup fantastis untuk tim asuhan Arsene Wenger itu.
  2. PSG, dengan raihan 12 poin dari hasil 3 kali menang dan 3 kali imbang, PSG menemani Arsenal lolos dari grup A, menyisakan Ludogorets yang turun ke liga Europa dan Basel yang akhirnya tersingkir karena berada di dasar klasemen.
  3. Napoli, salah satu tim Italia yang mampu bertahan dan bersaing hingga menjadi pemuncak klasemen grup B. Dengan raihan 11 poin dari hasil 3 menang, 2 kali imbang, dan 1 kali kalah.
  4. Benfica, meski di pertandingan terakhirnya Benfica dipermalukan Napoli 1-2 di kandangnya sendiri, namun mereka tertolong dengan kekalahan Besiktas dari Dynamo Kyiv. Dengan 8 poin dari hasil 2 menang, 2 imbang, 2 kalah, mereka berada di posisi 2 klasemen.
  5. Barcelona, dengan 5 kali menang dan hanya 1 kali kalah, 15 poin berhasil mereka amankan dan membuat mereka jadi pemuncak grup C. Barcelona merupakan langganan liga Champions, jadi rasanya bukan sebuah hal aneh mereka lolos sebagai pemuncak grup.
  6. Manchester City, tim kaya raya bertabur bintang ini harus berjuang keras lolos grup, dengan 2 menang, 3 imbang, dan 1 kali kekalahan, mereka mengumpulkan 9 poin dan berhak menemani barca di posisi 2.
  7. Atletico Madrid, 2 kali menjadi runner-up dan dikalahkan oleh saudaranya sendiri, Real Madrid, sepertinya menjadi sebuah dendam yang membakar semangat tim asuhan Simeone ini. Terbukti dengan 15 poin hasil 5 menang dan hanya 1 kali kalah, mereka jadi pemuncak klasemen grup D.
  8. Bayern Munchen, kejutan malah datang dari Munchen, mereka hanya bisa menang 4 kali dan kalah 2 kali sehingga poin mereka hanya 12 dan duduk di posisi 2 saja menemani Atletico.
  9. AS Monaco, mengumpulkan 11 poin dari 3 kali menang, 2 kali seri, 1 kali kalah membuat Monaco menjadi juara grup E. Kekuatan klub Perancis ini memang tidak bisa dianggap remeh meskipun mereka bisa dibilang baru saja kembali ke pentas tertinggi eropa.
  10. Bayern Leverkusen. menguntit di belakangnya ada Leverkusen yang berhasil meraih 10 poin dari 2 kemenangan dan 4 hasil imbang. Perolehan poin mereka tak terkejar lagi oleh Tottenham yang harus turun kasta ke liga Eropa.
  11. Borusia Dortmund, benar-benar menjadi pesaing Madrid secara nyata di grup F, dengan 14 poin dari 4 menang dan 2 imbang, Dortmun menjadi juara grup dan mengungguli Real Madrid yang berstatus juara bertahan.
  12. Real Madrid, sang juara bertahan yang mencoba meraih rekor agar bisa menjadi 2 kali berturut-turut, bisakah Zidane mewujudkan mimpi itu? Dengan banyaknya pemain bintang yang ada, rasanya mereka punya kesempatan besar untuk membuat sejarah mengikuti AC Milan.
  13. Leichester City, salah satu kejutan dari kuda hitam di UCL 2016/2017 sekaligus juara bertahan EPL tahun lalu. Tim asuhan Ranieri ini membuktikan kapasitas mereka, permainan bertenaga dan penuh semangat membuat tim ini patut diperhitungkan.
  14. FC Porto, setelah di laga akhir membuat kejutan dengan membantai leichester 5-0, Porto berhasil merangsek ke posisi 2 klasemen dan lolos bersama Leichester dari grup G.
  15. Juventus, meski terkesan terseok-seok di awal penyisihan grup, namun akhirnya Juve berhasil menjadi juara grup dengan perolehan 14 poin dari 4 menang dan 2 imbang, hasil yang cukup bagus untuk tim Italia ini.
  16. Sevilla, sepertinya Sevilla sudah bosan dengan gelar liga Europa dan berhasrat untuk bisa melangkah lebih jauh di liga Champions, yah tim asal Spanyol ini memang seakan berjodoh hanya dengan liga Europa saja, namun kini mereka mencoba melupakannya dan melangkah ke UCL lebih jauh.
Itulah 16 tim yang memastikan diri lolos dari fase grup UCL 2016/2017, dan sebanyak 8 klub yang berada di posisi 3 akan bersaing di Liga Europa, mereka adalah Rostov, Moncengladbach, Besiktas, Ludogorets, Lyon, Copenhagen, Legia, dan Tottenham Hotspurs.