Informasi dan Tips Menghindari Operasi Zebra Jaya 2016

Pihak Kepolisian akan melakukan Operasi Zebra Jaya 2016 mulai hari ini, tanggal 16 - 29 November 2016 di seluruh wilayah Indonesia. Berita ini tentu saja sudah disebar luaskan agar para pengendara mengetahuinya dan bersiap dengan segala sesuatunya, yah mungkin untuk pengendara yang sudah taat aturan tidak terlalu difikirkan namun bagi pengendara yang sering melanggar aturan, ini adalah kabar buruk untuk mereka.


Tujuan diadakannya Operasi Zebra
Tidak ada alasan lain diadakannya razia kendaraan bermotor ini kecuali untuk pengendara itu sendiri, yah pihak kepolisian berharap dengan adanya operasi Zebra ini, maka pengendara akan patuh terhadap peraturan di jalan raya yang hasilnya akan menghindarkan mereka dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan dan kemacetan.

Sasaran Operasi Zebra Jaya 2016
Tak berbeda dengan operasi zebra sebelunya, sasaran Pakpol untuk razia kali ini adalah kendaraan yang tidak punya kelengkapan dan surat-surat identitas diri, lalu pengendara yang melanggar aturan lalu lintas, melawan arah, dan angkutan umum yang dengan seenaknya sendiri menaikkan dan menurunkan penumpang sehingga membuat kemacetan di jalan raya.

Tips menghindari razia yang ampuh
Untuk bisa terhindar dari razia dan tidak terkena tilang, maka lakukan hal ini ketika anda sedang berkendara di jalan :
  1. Lengkapi surat identitas berkendara seperti SIM dan STNK
  2. Gunakan helm untuk pengendara motor, gunakan sabuk pengaman untuk pengendara mobil
  3. Hindari memodifikasi kendaraan yang menyalahi aturan, misalnya memakai knalpot bising
  4. Patuhi aturan di jalan, jangan menerobos lampu merah atau memakai jalur busway
  5. Naiklah angkutan umum jika anda tidak punya kelengkapan berkendara
  6. Jika terkena razia, patuhi petugas dan jika anda melakukan kesalahan akui kesalahan itu.
Mari bantu petugas kepolisian untuk menciptakan suasana berkendara yang aman dan nyaman, kalau warganya patuh terhadap aturan, saya rasa kita juga yang akan merasakan kenyamanan berkendara di jalan dan bisa mengurangi angka kecelakaan.