Coutinho Resmi Pindah ke Barcelona dan Jadi Pemain Termahal Ketiga

Philippe Coutinho dikabarkan telah resmi dikontrak Barcelona pada 6 Januari 2018 dengan durasi kontrak selama 5,5 tahun. Ini merupakan kabar heboh di awal tahun 2018 ini setelah Van Dijk resmi berseragam Liverpool dan jadi bek termahal di dunia dengan nilai transfer $75 juta.


Kepindahan Coutinho ke Barcelona sebenarnya sudah diproses sejak awal musim, namun dengan negosiasi yang alot akhirnya membuat pemain yang satu ini tetap di Liverpool. Banyak spekulasi yang mengatakan bahwa Barcelona pelit karena hanya ingin membeli pemain ini dengan harga murah saja, itulah yang membuat Liverpool tidak ingin melepasnya.

Namun di jendela transfer musim dingin ini, Barcelona resmi merampungkan transfer winger asal Brazil ini dengan nominal sebesar £105m ($142m) atau sekitar Rp 6,45 triliun. Ini adalah harga yang sangat fantastis mengingat pemain lincah yang satu ini punya skill mumpuni dengan tendangan geledek yang sangat keras.

Saat ini Coutinho menjadi pemain termahal kedua setelah Neymar, namun dengan pembelian resmi Mbappe oleh PSG dari AS Monaco senilai €180m (£166m), maka Coutinho hanya akan menjadi pemain termahal ketiga di dunia setelah Neymar dan Mbappe.

Rekor transfer pemain ini masih belum selesai di awal tahun 2018, pasalnya jika Madrid resmi membeli Neymar dari PSG atau Harry Kane dari Tottenham, maka bisa jadi rekor transfer pemain termahal dunia akan pecah kembali di tahun 2018 ini.

Banyak pihak yang memprotes tim dengan belanja pemain yang jor-joran karena membuat tim lain menjadi kalah saing, salah satunya adalah liga Italia yang mengalami penurunan karena kurangnya pemain berkualitas akibat dana klub yang minim.

Kepindahan Coutinho sepertinya akan membua winger Barcelona di sayap kanan tergeser dan akan ada beberapa pemain yang dijual Barca dalam waktu dekat ini. Apakah Arda Turan atau yang lain?