Airbnb Bikin Pengusaha Hotel Panik, Menkominfo Memberi Nasehat yang Bijak

Kalian tahu apa itu Airbnb? Salah satu situs yang melayani jasa penyewaan rumah dan apartemen. Startup ini menjadi yang terbaik di dunia loh dan kabarnya dalam waktu dekat bakal masuk ke Indonesia dan bersaing dengan para pebisnis lokal yang sudah lebih dulu melayani jasa penyewaan hotel dan apartemen di Indonesia.


Ternyata kabar masuknya Airbnb ke Indonesia bikin panik pengusaha hotel dan restoran loh, mereka bahkan menelpon Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara untuk memblokir akses Airbnb karena bisa mengacaukan bisnis jasa penyewaan hotel di Indonesia.

Nah loh kok cara bisnisnya kayak gitu yah? Entar lama-lama Indonesia dijauhi sama pihak asing loh kalo bisnis kayak gini karena enggak sehat buat saingan.

Untungnya Menkominfo bersikap netral dan bijak dengan menolak permintaan itu dan tetap membiarkan Airbnb masuk ke Indonesia.

Menurut Rudiantara, perkembangan teknologi di dunia ini tidak bisa dibendung dan dihindari oleh siapapun, apalagi Indonesia bukan negara yang mengekang perkembangan meski dari pihak luar sekalipun. Yah saya pikir ini adalah pilihan yang bijak.

"Sebenarnya bukan teknologi digital yang mengubah itu semua. Tapi pola pikir kita mencari cara baru, mencari proses baru yang lebih baik dan efisien", ujar Menkominfo.

Namun Rudiantara juga tidak menutup mata dengan masalah ini, pihaknya akan segera bekerjasama dengan menteri pariwisata, Arief Yahya. Mereka akan mencoba mencari jalan keluar yang terbaik demi bisa menerima investor dari luar negeri dan tetap menyelamatkan bisnis lokal di Indonesia.