Cara Mudah Menangani Tersedak Duri Ikan yang Menyiksa Tenggorokan

Pernah gak sih lagi enak-enaknya makan ikan yang lezat dan tiba-tiba saja ada duri ikan yang nyangkut di tenggorokan dan gak mau tertelan? Rasanya sakit dan membuat nafsu makan yang tadinya tinggi menghilang dengan sangat cepat karena duri ikan itu.


Biasanya orang akan panik dengan keadaan seperti ini, apalagi yang tersedak duri ikan adalah anak kecil yang belum bisa menahan diri.

Ternyata ada beberapa cara yang mudah dilakukan untuk membuat duri ikan yang nyangkut di tenggorokan segera hilang dan tertelan bersama makana lainnya. Berikut ini adalah cara sederhana untuk menangani duri ikan yang nyangkut di tenggorokan :

1. Jangan panik
Jika anda panik, masalah tak selesai dan yang ada malah membuat anda merasakan rasa sakit dan cemas yang semakin menyiksa diri. Hentikan kegiatan makan anda dan coba hilangkan duri ikan yang nyangkut di tenggorokan.

2. Minum air
Minum air yang banyak dengan harapan duri akan terbawa air yang masuk melalui tenggorokan dan tidak meninggalkan rasa sakit terus menerus karena duri yang menancap.

3. Kumur dengan air garam
Gunakan air hangat yang dicampur dengan garam, kumur-kumur di dekat tenggorokan dengan harapan duri yang nyangkut bisa terbawa oleh air garam itu.

4. Gunakan nasi
Buat kepalan nasi dan makan dengan hati-hati, diharapkan duri yang menempel bisa terbawa nasi dan tertelan ke dalam perut.

Hati-hati ketika menikmati ikan yang lezat karena terkadang ada duri yang nyangkut dan menyiksa, jika dibiarkan terus bisa menyebabkan infeski yang berbahaya bagi tenggorokan anda. Jika cara di atas tetap tidak manjur, sebaiknya anda pergi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.