4 Negara 'Langganan' Piala Dunia Terseok-seok di Babak Kualifikasi

Piala dunia 2018 di Rusia tinggal menghitung bulan saja, perhelatan sepakbola akbar 4 tahunan ini memang yang paling ditunggu oleh para pecinta si kulit bundar. Babak kualifikasi yang diadakan di beberapa wilayah juga mengundang banyak perhatian dunia karena memberikan kejutan yang cukup mengagetkan.


Negara-negara yang tidak terlalu diunggulkan ternyata bisa menunjukkan tajinya, mereka bahkan bisa menyaingi dan menyulitkan negara besar yang punya sejarah panjang dalam dunia sepakbola. Sebut saja Islandia, perempat finalis pada gelaran piala Eropa 2016 silam benar-benar menakjubkan karena memuncaki grup I dan menyulitkan langkah Ukraina serta Kroasia.

Dari sekian banyak negara langganan piala dunia, berikut ini adalah beberapa negara yang harus berjuang keras di babak kualifikasi piala dunia dan bahkan terancam tidak bisa lolos ke piala dunia 2018 karena posisinya yang tak menguntungkan. Siapa saja mereka?

1. Argentina
Berada di posisi 6 dan hanya menyisakan 1 pertandingan membuat Argentina harus was-was karena mereka bisa saja tidak lolos piala dunia 2018. Finalis PD 2014 ini harus berjuang ekstra di pertandingan terakhir demi mengamankan posisi 5 guna bisa mengikuti jalur play off melawan Selandia Baru.

2. Italia
Juara dunia 4 kali ini memang sedang mengalami masa yang suram, baik di tim nasional maupun di liga mereka yang semakin tertinggal. Tidak ada penerus yang sebanding untuk menggantikan peran pemain legendaris seperti Totti, Del Piero, Nesta, Pirlo, dan lainnya. Italia bahkan harus berjuang mengamankan posisi kedua dan mengikuti jalur play off setelah Spanyol memastikan diri jadi juara grup dan lolos ke PD 2018.

3. Belanda
Persaingan grup A memang ketat, Perancis, Belanda dan Swedia, masih punya kesempatan yang sama untuk bisa lolos. Khusus Belanda, mereka cuma bisa ikut play off, itu juga kalau bisa merebut posisi kedua dari Swedia yang unggul 3 angka dari mereka.

4. Portugal
Secara mengejutkan, Portugal kalah saing dengan Swiss. CR7 dan kawan-kawan tak bisa menyaingi Swiss, mereka hanya bisa bertahan di posisi kedua dan bersiap untuk ikut jalur play off demi bisa lolos ke piala dunia 2018.

Patut kita tunggu bagaimana nasib keempat negara besar ini, apakah mereka bisa melaju ke piala dunia 2018 atau akan menjadi tim yang dipecundangi oleh negara-negara lain yang kurang diunggulkan sebelumnya.