Sepinya Pasar Glodok, WTC Mangga Dua dan Roxy Square Pertanda Apa?

Pemerintah menyatakan bahwa ekonomi Indonesia meningkat hingga 5% dan itu adalah sebuah peningkatan yang cukup signifikan bagi sebuah negara yang dianggap masih miskin dan tengah berkembang ini. Berita tentang peningkatan ekonomi Indonesia ada di berbagai media di tanah air dan bahkan luar negeri.


Namun benarkah peningkatan ekonomi tersebut telah merata ke seluruh wilayah?

Selain peningkatan ekonomi pemerintah itu, nyatanya ada masalah lain yang kemudian muncul di berbagai media nasional. Berita ini bisa dibilang adalah berita buruk untuk para investor dan pengusaha karena perubahan keadaan yang drastis.

Di Jakarta saja, mall-mall besar dan tempat belanja seperti Pasar glodok, WTC mangga dua, Roxy square dan lain sebagainya sedang mengalami masalah yang serius. Konon kabarnya banyak sekali toko dan ruko yang sudah tutup lama karena sepi pembeli dan mengalami kebangkrutan.

Salah bisnis online-kah?

Belum lama ini pengusaha mall di Indonesia mengadakan pertemuan untuk membahas tentang masalah bisnis online yang mengancam mereka. Sepertinya hal itu bukan isapan jempol semata karena buktinya sudah mulai terlihat ketika beberapa mall besar mengalami kemunduran dan bahkan bangkrut.

Seharusnya mall dan pengusaha sudah punya gerakan untuk mencoba bisnis online juga karena saat ini bisnis online sedang menjadi yang terdepan sebagai pilihan masyarakat.

Apakah sepinya pasar dan mall adalah pertanda hancurnya bisnis di dunia nyata dan majunya bisnis online di Indonesia? Mungkin saja!