Menguak Misteri Teori Konspirasi Pendaratan Neil Amstrong di Bulan

Tahun 1969 silam, Apollo 11 berhasil mendarat di bulan dan Neil Amstrong menjadi manusia pertama yang berhasil menginjakkan kakinya di permukaan bulan. Sayangnya setelah itu muncul berbagai teori konspirasi seperti buku yang ditulis Bill Kaysing yang menyatakan bahwa NASA berbohong dan Apollo 11 beserta awaknya tak pernah sampai ke bulan sama sekali.


Benarkah NASA berhasil mendaratkan Apollo 11 ke bulan dan Neil Amstrong orang pertama yang menginjakkan kaki di bulan? Atau teori konspirasi pendaratan di bulan memang benar adanya dan selama ini kita dibohongi NASA?

1. Radiasi sabuk Van Allen
Sabuk van allen menutupi jalur ke bulan yang konon tidak bisa ditembus, namun NASA mengaku telah memperhitungkan resikonya dan ternyata aman untuk dilewati.

2. Bintang di angkasa tidak terlihat pada foto
Banyak yang menyangsikan foto Edwin Aldrin karena tidak terlihat bintang di langit, NASA menjelaskan bahwa itu adalah cahaya yang membelok karena permukaan bulan yang tidak rata.

3. Jejak kaki Edwin Aldrin
Pendukung teori konspirasi menyatakan jejak kaki dari sepatu Edwin terlalu jelas seperti di bumi, NASA menjawab bahwa partikel di bulan kasar sehingga jejak kaki mudah terbentuk meski tanpa air.

4. Bendera yang berkibar
Tidak ada angin namun bendera berkibar, NASA menjelaskan bahwa tiangnya berbentuk L sehingga terlihat seperti berkibar.

5. Tidak ada kawah bekas pendaratan
Konon pendaratan Apollo dengan Lunar Lander bisa menyebabkan kawah karena bertenaga 1.000 pound namun tak ada bekasnya, NASA menjelaskan bahwa pendaratan dilakukan dari jauh sehingga tenaganya dikurangi.

6. Simbol "C" pada sebuah batu
Pendukung teori mengatakan batu bersibol huruf C adalah tanda properti, NASA menjelaskan bahwa itu adalah rambut yang menempel pada kertas saat proses foto.

7. Foto yang terlalu jelas
Salah satu foto menunjukkan Buzz Aldrin keluar dari modul lunar, namun terlihat terlalu jelas cahayanya sehingga menimbulkan keraguan. Nasa menjelaskan bahwa itu adalah efek pantulan cahaya.

Apakah pendaratan di bulan oleh Apollo 11 adalah sebuah hoax semata? Semua itu masih menjadi misteri dan kontroversi di seluruh dunia.