7 Tokoh Misterius Dalam Sejarah Perkembangan Bangsa Indonesia

Beberapa waktu yang lalu Indonesia geger karena sebuah video yang menunjukkan penampakkan sosok suku mante di pedalaman hutan Aceh. Banyak informasi yang kemudian muncul sebagai jawaban atas pertanyaan fakta suku mante yang banyak diperbincangan itu. Sebagian orang mungkin tidak peduli dan mengabaikan sosok misterius itu, namun nyatanya masih ada pihak yang ingin mengeksplorasi suku tersebut.


Kali ini saya ingin memberikan informasi tentang 7 tokoh misterius yang tidak jelas keberadaan dan nasibnya, namun sangat berpengaruh dengan perkembangan bangsa Indonesia.

1. Gunadarma
Gunadarma dipercayai sebagai arsitek pembangunan candi Borobudur yang megah dan penuh misteri. Sampai saat ini, sosok para Brahmana dan Gunadarma yang ada di balik pembangunan candi Borobudur masih tetap menjadi misteri yang belum terpecahkan meski berkali-kali dilakukan penelitian.

2. Penulis buku Darmogandhul
Sebuah karya sastra berbahasa jawa yang sangat kontroversial karena di dalamnya terdapat ajaran agama yang diputarbalikkan dengan berbagai keganjilan lainnya. Salah satu yang cukup ganjil adalah adanya senapan dan timah panas dalam pembahasan keruntuhan Majapahit, padahal masa itu belum ada senjata canggih itu. Sampai kini buku yang satu ini tetap menjadi misteri dengan sosok penulisnya yang tak diketahui.

3. Siapa yang merobek bendera Belanda di Hotel Oranje?
Peristiwa 10 November 1945 ditandai dengan perobekan bendera Belanda di Hotel Oranje. Akibat kejadian itu pecahlah peperangan yang menyebabkan banyak korban jiwa. Sampai saat ini tidak diketahui secara pasti siapa yang menyobek bendera belanda itu pertama kalinya.

4. Supriyadi

Pemimpin PETA (Pemberontak pasukan pembela tanah air) ini sangat terkenal karena aksi heroiknya. Supriyadi adalah pahlawan Nasional dan ditunjuk sebagai menteri keamanan rakyat, namun sosoknya tak pernah terlihat lagi. Banyak yang mengatakan bahwa dia telah meninggal karena serangan Jepang, namun beberapa tahun kemudian muncul sosok-sosok lain yang mengakui dirinya adalah Supriyadi.

5. Tan Malaka
Sosok yang sangat misterius dan kontroversial pada masa penjajahan, dia dicari oleh pemerintah belanda dan pejuang Indonesia, termasuk bung Karno. Namun sampai saat ini tidak diketahui sosoknya, ada pula yang mengatakan dia tewas dibunuh karena masuk dalam golongan aliran kiri.

6. Ki Panji Kusmin
Tahun 1968 terjadi kegaduhan saat majalah sastra menerbitkan sebuah cerita yang isinya nabi Muhammad SAW beserta malaikat Jibril meminta izin kepada Allah untuk memeriksa umatnya di bumi dengan naik buraq. Sebenarnya cerita di majalah itu berisi sindiran atas menyelewengnya umat pada masa itu, namun karena membawa-bawa sosok Tuhan, nabi Muhammad SAW, dan malaikat Jibril, maka kasus ini jadi kasus penistaan agama. H.B. Jasin selaku penanggung jawab majalah itu dihukum penjara, namun dia tak pernah mengungkapkan soso ki Panji Kusmin sang pengarang cerita itu.

7. Imam Sayuti
Tebo adalah sosok yang dipercaya sebagai anak gendruwo, kejadian ini bermula pada tahun 70an saat pasangan suami istri yang berpisah namun diganggu oleh sosok halus dan melahirkan anak. Meski berat menerimanya, namun mereka tetap mengasuh anak itu hingga dewasa dengan penampilan yang jauh berbeda dari manusia normal karena bulunya yang tebal dan kulitnya berbintik merah.