Daftar Antivirus Terbaik Untuk PC Windows dan Smartphone Android

Windows dan android adalah sistem operasi yang berbeda, windows buatan microsoft digunakan untuk PC (sebagian untuk ponsel) sedangkan android merupakan sistem operasi untuk smartphone. Keduanya punya kesamaan sebagai OS paling populer dan paling banyak digunakan untuk PC dan smartphone. Kesamaan lainnya adalah keduanya adalah sasaran empuk virus-virus yang dibuat untuk menyerangnya. Tentu saja hal ini berkaitan dengan faktor keuntungan dimana keduanya adalah yang paling populer.


Antivirus yang sudah diciptakan di dunia ini ada banyak sekali, namun sebagian hanyalah pelengkap yang kurang bermanfaat. Nah, berikut ini adalah daftar antivirus terbaik yang bisa anda gunakan untuk melindungi komputer maupun ponsel pintar anda dari serangan virus berbahaya seperti ransomware wannacry kemarin :

10 Antivirus terbaik untuk komputer

1. Avast
Avast selalu melakukan update untuk perlindungan, mereka juga menyediakan versi gratisan untuk pengguna PC. Avast! menjadi salah satu antivirus yang paling direkomendasikan oleh banyak pengguna PC karena dapat menangkal virus, phishing, malware, dan berbagai serangan lainnya.

2. AVG
AVG punya kemampuan untuk menghalau malware berbahaya, menurut pengujian yang telah dilakukan, AVG cukup handal untuk melindungi data di dalam PC.

3. Comodo Cleaning Essentials
Antivirus yang satu ini mampu menghapus virus, rootkit, dan file tersembunyi yang kadang mengganggu sistem komputasi anda. Antivirus yang satu ini juga sangat berguna untuk update antivirus yang terblokir oleh virus.

4. Avira
Avira merupakan salah satu antivirus yang paling banyak digunakan oleh para pengguna PC di dunia karena memiliki kemampuan untuk menghapus malware jahat yang ada.

5. Malwarebytes
Antivirus yang satu ini mampu mendeteksi dan menghapus malware seperti worm, trojan, rootkit, roques, spyware, dan lain sebagainya.

6. Norman
Untuk komputer yang sudah terinfeksi virus, ada baiknya menggunakan antivirus yang satu ini untuk membersihkannya.

7. Norton
Antivirus yang satu ini cukup agresif dalam menghalau dan menghapus berbagai virus di dalam komputer, namun anda harus berhati-hati dalam menggunakannya karena keagresifannya itu.

8. Panda Cloud
Antivirus yang dapat menampung berbagai jenis virus saat anda berselancar di internet, kecepatan aksesnya juga diacungi jempol.

9. ZoneAlarm Free Firewall
Perlindungan PC untuk anda yang sering menggunakan internet, karena antivirus ini dapat melindungi data anda saat menggunakan internet.

10. Smadav
Antivirus Indonesia yang satu ini sudah terinstal di hampir seluruh PC yang ada di Indonesia. Kemampuannya cukup hebat dalam menghalau virus, terutama untuk flashdisk yang terinfeksi.

5 Antivirus terbaik untuk smartphone android

1. 360 Security
Antivirus buatan Qihoo ini memberikan keamanan akses untuk smartphone dan bisa diunduh secara gratis di playstore.

2. Bit Defender
Antivirus yang satu ini memberikan perlindungan anti maling, bisa diunduh secara gratis namun ada versi berbayar seharga $15 per tahun.

3. AVG
Antivirus yang satu ini sudah dibuat versi androidnya dan dapat dimanfaatkan untuk menghalau malware berbahaya yang ada.

4. Avast!
Sama seperti AVG, Avas! juga menyediakan antivirus versi smartphone dengan kemampuan yang mumpuni untuk mengahalau virus yang ada di smartphone.

5. CM (Clean Master)
Perlindungan terbaik dari serangan malware ini dibuat oleh Cheetah Mobile. Anda bisa mendapatkannya di playstore dan tidak membebani smartphone.