15 Agen Mata-Mata Paling Cantik Di Dunia yang Paling Terkenal

Inteligen yang ada di dunia ini beragam jenisnya, salah satu yang paling terkenal adalah sosok agen rahasia wanita yang selalu menjadi bahan pembicaraan selama ini. Mata-mata perempuan dengan sosok cantik, cerdas, berani, dan punya keahlian khusus sebagai seorang agen rahasia ini merupakan sosok yang sangat menawan namun juga sangat berbahaya.


Di dunia ini sudah banyak terungkap nama-nama intel wanita yang punya sepak terjang yang cukup menghebohkan, namun ada 15 agen wanita dengan tingkat kepopuleran paling terkenal, berikut adalah daftarnya :

1. Violette Szabo
Szabo adalah agen inteligen asal Inggris dengan tugas special Operations Executive. Wanita cantik ini lahir pada 26 Juni 1921 di Perancis, dia menjadi agen rahasia pada perang dunia II.

Selama menjadi mata-mata, dia merupakan sosok yang cukup brutal dengan kemampuan menembak yang sangat hebat. Alasan wanita cantik ini menjadi mata-mata karena dendamnya kepada musuh yang telah membunuh suaminya dulu. Namun agen rahasia ini kemudian tertangkap oleh tentara Jerman dan akhirnya dihukum mati meski dia tak pernah membocorkan rahasia negaranya.

2. Mata Hari
Sosok yang punya julukan The Greatest Woman Spy ini merupakan keturunan Belanda-Jawa. Nama aslinya adalah Margaretha Geetruida 'Grietje' Zelle Macleod, lahir pada 7 Agustus 1876.

Matahari yang sebelumnya tinggal di Belanda kemudian pindah ke Indonesia dan belajar banyak kebudayaan Indonesia. Dia kemudian pindah ke Jerman dan menjadi agen mata-mata negara itu, namun dia juga menjadi agen rahasia Perancis, hal ini kemudian diketahui oleh militer Perancis yang kemudian menangkapnya dan menghukum mati akibat tindakan cerobohnya yang ketahuan sebagai agen ganda.

3. Charlote de Sauve
Bangsawan Perancis yang menjadi selir Raja Henry IV, dia merupakan anggota dari Queen Mother Catherine de Medicis notorius Flying Squadron yang merupakan kelopmpok mata-mata ibu Ratu.

Wanita ini menjadi agen rahasia yang bertugas agar terjadi kerusuhan antara raja dengan adiknya, dari kegiatannya itu dia sukses menyulut permasalahan di Perancis pada masanya.

4. Liu Hulan
Agen rahasia asal Cina pada tahun 1932 ini bergabung dengan partai komunis dan berhasil menjadi mata-mata saat terjadi perang saudara di China, dia berjasa banyak bagi kaum komunis di China atas jasanya, dia juga sangat dihormati di negerinya itu.

5. Noor Inayat Khan
Nama lainnya adalah Nora Baker, seorang mata-mata Inggris keturunan India. Dia adalah wanita muslim yang sukses menjadi mata-mata di Perancis, namun akhirnya ketahuan dan ditangkap, lalu dia dihukum mati atas tuduhan mata-mata.

6. Melita Norwood
Wanita Inggris yang malah membelot dan menjadi agen mata-mata Uni Soviet ini sangat terkenal karena mengetahui banyak informasi tentang militer di London. Pihak militer Inggris mengaku sudah mengetahuinya, namun tidak membesarkan masalah ini karena takut akan menyebabkan masalah berkelanjutan akibat warganya yang membelot.

7. Brita Tott
Putri bangsawan Denmark yang menjadi anggota kerajaan Swedia ini terlibat dalam perang kedua negara yang banyak memakan korban. Akibat tindakannya yang membocorkan rahasia itu, dia ditangkap dan dihukum oleh pemerintah Denmark.

8. Princess Stephanie Julianna von Hohenlohe
Putri yang cantik dan kaya raya ini menjadi agen mata-mata Jerman di Inggris, namun setelah lama bertugas, dia mulai diketahui dan akhirnya dia pindah ke AS demi kemanana hidupnya di masa itu.

9. Elizabeth Bentley
Agen rahasia yang berhubungan dengan komunis AS, Uni Soviet, dan Nazi Jerman ini merupakan agen mata-mata yang sangat terkenal dan mengetahui banyak informasi di Amerika. Dia punya banyak rahasia yang terjadi di masa perang dunia II, dan dia akhirnya bekerja sama dengan FBI dengan membongkar mata-mata Rusia yang ada di negara itu.

10. Lona Cohen
Mata-mata Uni Soviet yang bertugas di Inggris ini sempat tertangkap, namun akhirnya dikembalikan dalam misi pertukaran mata-mata Inggris yang juga ditangkap di Soviet, dia dianggap sebagai pahlawan di Soviet.

11. Virginia Hall
Wanita yang menjadi agen rahasia Perancis ini sempat diburu oleh tentara Jerman karena mengetahui banyak informasi tentang Nazi, namun dia selalu bisa lolos dari kepungan tentara Jerman pada masa itu.

12. Krystyna Skarbek
Agen mata-mata Inggris yang sukses dalam penyamarannya di beberapa negara, dia juga berhasil menyelamatkan agen mata-mata lainnya yang tertangkap. Namun di masa hidupnya, dia tidak mendapat banyak kebahagiaan karena tidak diterima oleh negara asalnya, Soviet ataupun oleh agen rahasianya sendiri.

13. Nancy Wake
Agen rahasia yang paling dihormati pada masanya, dia adalah jurnalis yang menjadi agen rahasia perancis pada masa itu. Bahkan pemerintah musuh memburunya dengan hadiah yang sangat banyak, karena dia termasuk salah satu yang sangat berbahaya.

14. The Rosenbergs
Agen mata-mata Uni Soviet yang ada di Amerika ini berhasil membocorkan misi nuklir Amerika ke Soviet, hal ini membuatnya dihukum mati karena membahayakan negaranya.

15. Shi Pei Pu
Dia adalah mata-mata China yang berhasil membuat salah satu jenderal Perancis yang bertugas di sana harus menyerahkan 150 dokumen penting akibat skandal palsu yang dibuatnya, akhirnya mata-mata cantik ini dihukum penjara karena kasusnya itu.