Setelah Ahok, Kini Giliran Habib Rizieq Dilaporkan Ke Polisi Karena Dugaan Penistaan Agama

Belum tuntas kasus Basuki Thahaja Purnama alias Ahok atas dugaan penistaan agama yang dilakukannya, kini keadaan berubah karena gantian habib Rizieq yang kemudian dilaporkan ke polisi atas dugaan penistaan agama yang dilakukan pemimpin FPI (Front Pembela Islam) tersebut. Ada apa dengan negara ini? Kenapa sebentar-sebentar lapor polisi?


Sebelumnya Ahok menjadi salah satu orang yang sangat dibenci umat muslim di Indonesia akhir-akhir ini akibat ucapannya tentang surat Al-Maidah (51) yang dianggap menistakan agama. Awal mula kasus ini bermula ketika Ahok berpidato di kepulauan Seribu, kemudian Buni Yani mengunggah video Ahok itu dan menjadi viral di media masa.
Kemarahan umat Islam atas ucapan Ahok itu membuat banyak kehebohan di Indonesia, khususnya Jakarta. Mulai dari demo pertama yang dilakukan dengan tuntutan agar Ahok dipenjara, kemudian ada demo kedua yang dilakukan pada tanggal 4 November dengan berakhir ricuh, dan kemudian aksi damai 212 (2 Desember) yang dihadiri oleh Presiden Jokowi dan wakil Presiden Jusuf Kalla, aksi damai ini berakhir aman dengan dihadiri jutaan umat muslim dari berbagai daerah yang memenuhi Monas.
Setelah aksi-aksi itu kemudian Ahok disidang, Buni Yani juga disidang, dan kini berbalik malah Habib Rizieq ikut dilaporkan ke polisi karena dianggap melecehkan umat Kristiani. Kejadian ini bermula ketika Habib Rizieq sedang ceramah dan mengatakan "kalau Tuhan itu beranak terus bidannya siapa?", dan disambut dengan gelak tawa oleh para jamaah. Tentu saja hal ini menjadi kontroversi bagi sebagian umat Nasrani yang tidak terima.

Entah kenapa ada oknum dari PMKRI (Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia) yang mengetahui dan kemudian merasa tidak terima, mereka kemudian melaporkan Muhammad Rizieq Sihab ke polisi atas dugaan penistaan agama. "Kami merasa terhina, merasa tersakiti, dengan ucapan ungkapan kebencian yang disampaikan oleh saudara Habib Rizieq Syihab ini. Dan ini, sebenarnya mencerminkan terkait dengan tidak adanya toleransi terhadap keberagaman yang ada di Indonesia yang selama ini dipupuk oleh para leluhur dan juga kita sampai saat ini," ungkap salah satu anggota PMKRI.

FPI menyangkal dugaan penistaan agama itu, mereka bahkan siap membela dan melaporkan balik pelapor yang sudah melaporkan habib Rizieq ke polisi atas dugaan penistaan agama. Mereka mengatakan bahwa ini adalah fitnah yang kejam.

Selain habib Rizieq, katanya masih ada 2 orang lain yang juga dilaporkan atas dugaan penistaan agama ini, namun saya belum menemukan siapa pihak yang dilaporkan itu. Yah, sepertinya Indonesia sedang diadu domba oleh pihak-pihak yang tidak menginginkan kedamaian dan ketentraman antar umat beragam, sedikit masalah terus dibesar-besarkan dan kemudian menjadi kegaduhan.

Kita tentunya berharap agar Indonesia aman dan tentram bukan? Semoga kasus-kasus seperti ini segera tuntas dan tidak ada aksi lanjutan yang membuat negara ini ribut terus. Kita mungkin berbeda, namun kita adalah orang Indonesia, kita membela tanah air kita, bukan?!