Informasi dan Fakta Menarik Piala AFF 2016 yang Harus Kamu Tahu

Piala AFF Suzuki cup sudah menyelesaikan babak semifinal dan kini kita menunggu babak final yang akan dihelat pada tanggal 12 Desember 2016 mendatang. Pada partai final kali ini, Indonesia akan bertemu lawan mereka di babak penyisihan grup, Thailand, yang merupakan juara terbanyak di AFF selama ini dengan raihan 4 kali. Singapura yang juga sudah mengumpulkan 4 gelar juara, tahun ini harus gagal di babak penyisihan grup setelah kalah 1-2 dari Indonesia secara dramatis.

jadwal final piala AFF 2016

Selama gelaran piala AFF 2016 ini, ada banyak momen yang menegangkan bercampur dengan rasa was-was untuk masyarakat kita. Bayangkan saja, timnas Indonesia yang baru saja kembali ke pentas internasional setelah pencabutan pembekuan FIFA, dengan susah payah berhasil menuju final. Bahkan masyarakat kita saja tidak terlalu menjagokan timnas pada gelaran ini, namun nyatanya para pemain bisa membuktikan kapasitas mereka.

Ada beberapa informasi menarik yang terjadi dalam piala AFF 2016 ini, berikut ini adalah kumpulan moment dan fakta uniknya :
  1. Indonesia berhasil maju ke babak final setelah sebelumnya berjuang keras di babak penyisihan grup, pada pertandingan awal, timnas kalah 2-4 oleh Thailand, lalu imbang 2-2 melawan tuan rumah Filipina, dan di partai terakhir mengkandaskan Singapura 1-2. Dengan raihan 4 poin, timnas berhasil menemani Thailand lolos dari grup A. Di babak semifinal, timnas mengalahkan Vietnam 2-1 di stadion Pakansari, dan memaksa bermain imbang di Vietnam, hasil ini mengantarkan timnas lolos ke final menantang Thailand.
  2. Terjadi kontroversi di dalam pertandingan semifinal, hal ini lantaran kepemimpinan wasit Fu Ming asal Tiongkok yang dinilai aneh dan berat sebelah. Kejadian paling kontroversial adalah kala wasit sudah menunjuk titik putih, namun setelah berbicara dengan hakim garis, malah finalti dibatalkan dan hanya tendangan gawang saja. Sontak wasit ini jadi bahan pembicaraan dan bahan bully di beberapa media Indonesia.
  3. Kejadian tidak menyenangkan dialami rombongan timnas yang dilempari sendal waktu pertandingan di Vietnam, setelah keluar dan hendak menuju ke hotel, ada oknum supporter yang melempar batu ke arah bus dan membuat official luka karena pecahan kaca.
  4. Lawan Indonesia adalah Thailand, tim yang mengalahkan mereka di babak penyisihan grup dengan skor mencolok 2-4. Thailand menuju final setelah mengkandaskan Indonesia, mengalahkan Singapura 1-0, dan Filipina 1-0. Di babak semifinal, Thailand menang agregat 6-0 melawan Myanmar.
  5. Bung "ahay" Hadi Gunawan menjadi trending topik di media lantaran komentarnya kala timnas melawan vietnam, kalimat seperti "peluang emas bertahta berlian", 'golololololo golll", "Kurnia meiga cantik sekali bung", "ahayyyy", "serangan 7 hari 7 malam", menjadi viral di media sosial dan jadi bahan lucu-lucuan oleh para netizen.
  6. Kemenangan agregat 4-3 atas vietnam di semifinal, didedikasikan untuk para korban gempa Aceh yang sedang berduka, ini adalah bentuk dukungan nyata dari saudara sebangsa dan setanah air.
  7. Ada nama-nama pemain yang lucu didengar kala gelaran piala AFF 2016, nama-nama seperti Sarawut Masuk, Nguyen bla-bla-bla (mayoritas pemain Vietnam), Yonghusband (suami muda), Anumanthan Kumar (baper dengar kata mantan), dan lain-lainnya.
  8. Serba angka 2, yah sejak awal penyisihan grup, timnas seakan sangat dekat dengan angka 2 (semoga bukan pertanda runner-up). Dari kekalahan 4-2, imbang 2-2, menang 2-1, menang 2-1, dan terakhir imbang 2-2, pada waktu persahabatan juga timnas imbang 2-2 dan kalah 2-3.