7 Bencana Alam Terbesar Dengan Korban Jiwa Terbanyak Di Dunia

Bencana alam adalah sebuah kejadian alam yang terjadi tanpa campur tangan manusia, menurut peneliti yang melakukan riset, kejadian ini adalah kemauan alam sendiri, namun bagi kita pastinya percaya bahwa ini adalah kehendak dari Allah SWT. Bencana alam yang terjadi di dunia ini tidak datang dengan sendirinya kecuali untuk mengingatkan kita semua akan kebesaran Allah SWT.


Mungkin kita mengenal bencana tsunami Aceh pada tahun 2004 silam sebagai salah satu bencana alam terbesar yang perbah terjadi, dengan korban mencapai 230.000 jiwa, itu adalah sejarah kelam yang sangat menakutkan. Gelombang tsunami menghancurkan sebagian besar Aceh dan negara-negara lainnya, memaksa dunia berkabung dan saling membantu.

Dilansir dari berbagai sumber yang ada di internet, berikut ini akan saya ulas 7 bencana alam terbesar di dunia yang memakan korban jiwa dengan jumlah yang luar biasa banyaknya, bencana alam ini terjadi di jaman moder, karena di jaman dulu juga banyak terjadi bencana mengerikan dengan korban yang luar biasa. Bencana-bencana alam yang terjadi menjadi saksi kebesaran Allah SWT agar kita semakin ingat kepada-Nya dan sadar akan keberadaan kita di dunia ini yang hanya sementara.

Berikut adalah 7 bencana alam terbesar di dunia dengan korban jiwa terbanyak :

7. Topan Calcutta, India
Waktu : 7 Oktober 1737
Korban : Mencapai 300.000 jiwa, kerusakan bangunan dan kapal di sekitarnya
Kejadian : Angin topan dengan kekuatan yang dahsyat memporakporandakan kota Calluta dan sekitarnya, menyebabkan hampir semua bangunan rusak parah dan membuat hampir 20.000 kapal hancur di lautan.

6. Topan India
Waktu : 25 November 1939
Korban : 300.000 meninggal dunia, dan lebih dari 20.000 lainnya tenggelam
Kejadian : Angin topan dengan tinggi 12 meter menyebabkan gelombang pasang dan menyerang Coringa, salah satu pelabuhan di india, dan menyebabkan kerusakan parah di sekitar kota itu.

5. Topan Bhola, Bangladesh
Waktu : 12 November 1970
Korban : 500.000 jiwa meninggal dunia akibat topan dahsyat ini
Kejadian : Angin topan terpanas dalam sejarah dunia ini menyerang Bangladesh, angin ini terbentuk di teluk Bengal pada 8 November dan dengan kecepatan angin 185 km/jam, menuju Pakistan dan memporak porandakan kota itu.

4. Gempa Bumi Tangshan, China
Waktu : 1976
Korban : 655.000 meninggal dunia dan hampir 200 ribu warga terluka parah
Kejadian : Gempa dengan kekuatan 7,8 SR terjadi dan memicu gempa susulan lainnya, dan menyebabkan banayk korban jiwa berjatuhan.

3. Gempa Bumi Shaanxi, China
Waktu : 1556
Korban : Mencapai 830.000 korban jiwa dan lebih dari 100 ribu luka-luka
Kejadian : Gempa dengan kekuatan 8 SR membuat kota ini hancur dan membinasakan banyak manusia di dalamnya, ini merupakan gempa paling mematikan yang perna terjadi di dunia ini.

2. Banjir Sungai Kuning, China
Waktu : 1887
Korban : korban jiwa akibat banjir ini mencapai 900.000 jiwa
kejadian : Sungai huang he (yellow river) yang merupakan sungai terpanjang ketiga di Asia ini pernah memicu banjir besar karena intensitas hujan yang tinggi sehingga air sungai meluap dan menghanyutkan warga di sekitarnya.

1. Banjir Cina
Waktu : November 1931
Korban jiwa : Diperkirakan antara 1-4 juta korban jiwa
Kejadian : Sungai Huang He (yellow river) kembali memakan korban jiwa dengan jumlah yang sangat banyak, setelah pada tahun 1881 menyebabkan kematian hingga hampir mencapai 1 juta jiwa, selang beberapa tahun kemudian terjadi lagi bencana mengerikan ini dan menyebabkan korban jiwa dengan jumlah mencapai hampir 4 juta jiwa, ini adalah bencana alam paling menakutkan di dunia dengan korban terbanyak.