Bagaimana Raport Timnas Indonesia Setelah Pembekuan FIFA?

Tim Nasional Indonesia merupakan salah satu magnet yang sangat kuat untuk para pecinta sepak bola, bahkan dengan adanya timnas terkadang bisa membuat beberapa supporter yang bermusuhan menyingkirkan egonya demi memberi dukungan kepada para pahlawan lapangan hijau.

jadwal timnas di piala AFF 2016

Indonesia sendiri sebelumnya dibekukan oleh FIFA karena PSSI dicampur tangani oleh pemerintah, ini juga tak lepas dari kinerja PSSI yang kurang maksimal. Para pengurusnya tidak beres, bagaimana mungkin tahanan korupsi bisa tetap menjadi ketua PSSI? Aneh bukan?!

Setelah dibekukan FIFA, banyak diadakan kompetisi untuk memberikan tontonan kepada masyarakat, namun rasanya masih kurang greget karena rakyat Indonesia sendiri sudah melek dengan apa yang mereka tonton. Hingga akhirnya FIFA mencabut pembekuan PSSI, dan kini timnas sudah bangkit kembali dan siap berjuang di laga AFF pertengahan November ini.

Sebelumnya Timnas sudah melakukan beberapa laga uji coba, dan diantaranya ada kemenangan, hasil imbang, dan kekalahan yang terbaru. Seperti apa raport timnas setelah pembekuan FIFA? Mari simak beritanya dari beberapa laga uji coba yang dilakoni.

Laga uji coba timnas Indonesia vs Malaysia
Pada laga uji coba pertama yang dilangsungkan pada tanggal 06 September 2016, timnas meladeni Harimau Malaya di stadion Manahan Solo. Pada laga itu, secara mengejutkan timnas menang telak 3-0 melawan musuh lamanya itu. Banyak penonton yang menganggap bahwa ini adalah saat yang dinantikan untuk kebangkitan timnas Indonesia. Gol dicetak oleh Boaz Solosa yang memborong 2 gol dan Irfan Bachdim, permainan apik timnas cukup menghibur kala itu.

Laga uji coba timnas Indonesia vs Vietnam
Pada laga kedua melawan Vietnam di stadion Maguwoharjo, Sleman, timnas tampak kesulitan menghadapi permainan Vietnam yang rapat dan cepat. Hasilnya timnas ketinggalan 2 gol, sebelum akhirnya dibalas oleh tendangan bebas Zulham Zamrun dan gol Irfan Bachdim yang memaksa skor berakhir 2-2.

Laga uji coba timnas Indonesia vs Myanmar
Pada tanggal 4 November, timnas terbang ke Myanmar guna melakoni laga uji coba ketiga mereka. Hasil 0-0 menyudahi pertandingan ini, dan meski dari segi permainan timnas bisa unggul, namun entah kenapa penyelesaian akhir masih kurang sehingga tidak tercipta gol yang diharapkan.

Laga uji coba Vietnam vs Indonesia
Diwarnai dengan batalnya siaran langsung pertandingan timnas di RCTI, akhirnya Vietnam berhasil memberikan kekalahan pertama pada timnas Indonesia dengan skor 3-2. Ini merupakan salah satu kekalahan yang cukup menyakitkan, apalagi sebelumnya timnas sudah berhasil menahan Vietnam selama pertandingan berlangsung, namun di menit-menit akhir timnas harus mengakui kekalahan mereka.

Catatan untuk timnas Indonesia : menurut beberapa pengamat sepak bola, ada beberapa kekurangan yang dilakukan oleh para pemain, seperti kesalahan pasing, kerja sama yang kurang terjalin, dan penyelesaian akhir yang membuat peluang sia-sia. Saya sendiri melihat pemain bertahan kita kadang bingung sendiri ketika menghadapi serangan cepat, selain itu support dari lini tengah masih terbilang kurang, padahal di tengah sudah ada Evan Dimas yang memiliki visi bermain dengan baik.

Untuk bagian sayap, saya pikir Andik dan Zulham sudah memberikan yang terbaik untuk timnas, dan bagian penyerang saya percaya pada Boaz dan Irfan, keduanya sudah padu dan siap merobek jala musuh di laga AFF mendatang.

Kita berharap yang terbaik di piala AFF, tentunya harapan untuk bisa jadi juara mungkin terlalu berat bagi para pemain yang sudah lama terkena imbas pembekuan PSSI, namun saya yakin kepada daya juang para pemain timnas yang sudah tidak diragukan lagi.