10 Kasus Pesawat yang Hilang Secara Misterius Sepanjang Sejarah

Pesawat dikatakan sebagai salah satu alat transportasi yang paling aman di dunia ini karena di langit bebas berterbangan tanpa harus takut bertabrakan atau terkena bencana alam seperti gempa di daratan. Namun nyatanya transportasi udara yang satu ini juga sangat menakutkan mengingat banyak kasus kecelakaan yang terkadang memakan korban jiwa dalam jumlah yang banyak.


Kali ini saya akan menuliskan daftar pesawat yang hilang secara misterius di dunia ini, hilangnya pesawat disebabkan oleh banyak hal, seperti kerusakan pesawat, terkena badai, kecelakaan tunggal, atau bahkan ulah alien atau makhluk asing lainnya, siapa yang tahu!

1. Hilangnya Pesawat Amelia Earhart
Amelia Earhart, seorang pilot perempuan yang terkenal pada zamannya, dia mencoba mengelilingi dunia dengan pesawat Earhart, Lockheed Electra pada tahun 1937. Namun sayangnya pesawat bersama awaknya hilang secara misterius, belum diketahui penyebab hilangnya pesawat itu. Hingga tahun 1939, dilakukan pencarian yang memakan biaya jutaan dollar, namun tidak ada hasilnya dan akhirnya Amelia dinyatakan telah meninggal dunia. Namun pada tahun 2014, peneliti dari International Group of Historic Aircraft Recovery memastikan bahwa pecahan pesawat yang ditemukan pada 1991 adalah bagian dari pesawat Earhart. Korban jiwa dalam kasus hilangnya pesawat itu berjumlah 2 orang.

2. Pesawat Glenn Miller
Pada tahun 1944, Glenn Miller yang merupakan pemain band US Army Air Force Band yang sering tampil untuk para prajurit di Perang Dunia Kedua dijadwalkan terbang ke Paris dari Inggris, tapi pesawat UC-64 Norseman yang mengangkut dirinya hilang di Selat Inggris. Korban jiwa dari peristiwa tersebut berjumlah 3 orang.

3. Pesawat hilang di Segitiga Bermuda
-Pada tahun 1945, Lima pesawat perang TBM Avenger (pesawat pembom AS) hilang secara misterius di wilayah Segi Tiga Bermuda (segitiga setan). Anehnya lagi, pesawat yang dikirim untuk mencari pesawat-pesawat yang hilang tersebut juga ikut menghilang, Korban jiwa mencapai 14 orang. 
-Kasus pesawat hilang dua pesawat penumpang British Airways Amerika Selatan menghilang di wilayah ini pada tahun 1948 dan 1949. Lebih dari 51 orang hilang dan dinyatakan meninggal dunia.
-Pesawat BSAA kembali menghilang, The Star Tiger dilaporkan menghilang dan memakan korban hingga 31 orang.
-1949 The Star Ariel menghilang dan memakan korban hingga 20 orang, mantan direktur BSAA menuding adanya sabotase.

4. Hilangnya pesawat B-47 Stratojet
Pada tahun 1956, salah satu dari empat pesawat Boeing B-47 Stratojet yang terbang dari Florida, AS ke Maroko dengan membawa dua kapsul berisi nuklir menghilang di Laut Mediterania. Korban jiwa 3 orang, namun masih menjadi perbincangan apakah pesawat itu jatuh atau ada sabotase dari pihak lain.

5. Flying Tiger Line Flight 739
Tahun 1962, pesawat carter militer AS mengangkut 96 orang tentara dari California menuju Vietnam menggunakan pesawat Lockheed L-1049 Super Constellation, namun pesawat itu hilang di antara Guam dan Filipina. diperkirakan pesawat meledak di udara, namun dimana puing-puingnya? Entahlah! Kecelakaan itu memakan korban hingga 107 orang.

6. Egypt Air Flight 990
Pesawat Boeing 767-300ER jatuh di Samudera Atlantik dalam perjalanan ke Kairo dari Los Angeles pada tahun 1999. Kecelakaan yang memakan korban hingga 217 orang ini masih menjadi misteri karena penyebabnya, ada yang menyangkut pautkan keterlibatan CIA, teori konspirasi, bahkan ada yang menyatakan bahwa pesawat ini sengaja dijatuhkan oleh sang pilot.

7. Air France Flight 447
Pada tahun 2009, pesawat Airbus A330 yang mengangkut 216 penumpang dari Rio de Janeiro, Brasil ke Paris, Prancis mengalami stall dan jatuh ke Samudera Atlantik. Saat itu pencarian dilakukan namun belum mendapatkan hasil, hingga akhirnya pada tahun 2011 pesawat baru ditemukan dan korban 228 orang yang meninggal masih menyisakan misteri karena ada sekitar 74 orang yang dinyatakan masih hilang.

8. Hilangnya Pesawat Malaysia Airlines MH 370
Pada 8 Maret 2014, MH 370 yang mengangkut 239 penumpang hilang dalam perjalanan ke Beijing dari Kuala Lumpur. Proses pncarian diperkirakan menghabiskan biaya hingga US$ 200 juta, namun hasilnya nihil.

9. Adam Air 574
Pesawat Adam Air dengan nomor penerbangan 574 yang mengangkut 96 penumpang dan 6 kru hilang kontak dalam perjalanannya dari Surabaya menuju Manado pada 1 Januari 2007. Setelah pencarian sekian lama, akhirnya ditemukan black box dan bangkai pesawat yang berada di kedalaman 2.000 m di bawah permukaan laut, namun tak ada satupun jenazah yang ditemukan. Ini merupakan salah satu kasus hilangnya pesawat di Indonesia yang begitu menyita banyak perhatian, bahkan sampai negara lain ikut membantu.

10. Pesawat 571 Angkatan Udara Uruguay
Kasus yang cukup tragis dan mengenaskan kala sebuah penerbangan menuju Santiago, Chili yang membawa 45 penumpang dan awak jatuh di pegunungan Andes karena cuaca buruk pada tahun 1972, kecelakaan itu menewaskan 12 orang. Kemudian 8 orang meninggal karena longsoran salju saat berlindung, dan yang tragis adalah 16 orang selamat yang terpaksa menjadi kanibal dan memakan jasad rekan-rekannya sendiri untuk bertahan hidup. Hal ini karena sampai 2 bulan lebih pihak berwenang belum menemukan mereka, akhirnya untuk bertahan hidup mereka harus meninggalkan sisi kemanusiawian mereka. Kasus kecelakaan ini akhirnya dibuat film untuk mengingat mereka yang masih hidup dan yang telah meninggal dunia.