Waspada! Virus Zika Sudah Masuk Indonesia

Apa itu Virus Zika? menurut Wikipedia, Virus Zika (ZIKV) merupakan sejenis virus dari keluarga flaviviridae dan genus flavivirus yang disebarkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Virus ini dapat menyebabkan sakit yang ringan kepada manusia yang dikenal sebagai demam Zika atau penyakit Zika. Penyakit Zika sendiri mulai diketahui terjadi di daerah khatulistiwa Afrika dan Asia sejak 1950-an. Kesakitan tersebut adalah satu bentuk penyakit ringan dari demam dengue, dimana sesorang yang terjangkit dirawat melalui istirahat dan tidak bisa dicegah melalui obat-obatan atau vaksin. Penyakit Zika memiliki kaitan dengan demam kuning dan virus Nil Barat yang dibawa oleh flavivirus bawaan artropoda yang lain.

sumber gambar : wikipedia
Namun pada 2014 kemarin, nyatanya virus ini mulai menyebar ke Amerika tengah dan selatan, dan di tahun 2015 banyak negara yang terjangkit virus ini. Walau tidak terlalu berbahaya seperti virus demam berdarah atau aids, nyatanya virus ini cukup berbahaya bagi ibu hamil. Menurut penelitian, wanita hamil yang terjangkit virus zika bisa menyebabkan anak yang lahir menjadi cacat, kepalanya mengecil dan otaknya tidak berkembang dengan baik.

Nah akhir-akhir ini, di Singapura sudah mulai terjangkit virus Zika ini, sudah ditemukan sekitar 80 kasus penulara virus Zika ini. Tentu saja Indonesia mulai bersiap menangkal virus ini, dilakukan pemeriksaan ketat untuk orang-orang dari luar negeri agar tidak menyebarkan virus Zika ini.

Namun pada selasa (30 Agustus 2016) menteri kesehatan Indonesia, Nila F Moeloek, menyatakan bahwa di Jambi sudah ditemukan satu kasus virus Zika. Menurutnya, salah satu warga anak suku dalam sudah positif terjangkit virus Zika, dan saat ini pemerintah mulai beraksi untuk menangani virus yang cukup meresahkan ini. Hal ini membuktikan bahwa benar terbukti adanya bahwa virus Zika sudah mulai masuk ke Indonesia.

Negara-negara Amerika Selatan sana sudah mulai memberikan arahan kepada wanita untuk menunda kehamilan mengingat kasus ini belum tuntas. Hal ini dilakukan untuk menghindari penularan virus Zika terhadap janin yang bisa membahayakan masa depannya ketika lahir karena bisa cacat.

Berita ini cukup hangat di masyarakat, kita sebaiknya waspada dan mulai melakukan program 3M pemerintah untuk menangkal nyamuk yang ada di sekitar kita. Mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan?!