Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Suyadi, Inilah Fakta & Informasi Tentang Pencipta Si Unyil

Senin, 28 November 2016 merupakan hari lahir Drs. Suyadi (Raden Soejadi) dan Google Doodle memajang gambar tentang beliau beserta beberapa tokoh boneka yang diciptakannya seperti Si Unyil dan teman-temannya. Google doodle terkadang menjadi salah satu magnet tersendiri kala memajang salah satu tokoh terkenal, Google bisa dibilang sangat menghargai orang-orang dengan karya yang ternama.


Sebelumnya google juga pernah merayakan ulang tahun dari beberapa tokoh kenamaan dunia dan bahkan Indonesia. Saya sudah pernah menuliskan tentang perayaan ulang tahun Asep Sunandar (maestro wayang golek) dan Jean Batten (penerbang wanita).

Dan hari ini Google doodle merayakan hari lahir dari Drs. Suyadi yang dikenal juga dengan nama Pak Raden, salah satu seniman asal Indonesia yang terkenal dengan karyanya yaitu Si Unyil. Tokoh boneka yang satu ini seakan menjadi ikon di masyarakat, bahkan Si Unyil sendiri menjadi salah satu acara anak-anak yang ditayangkan di Trans 7 dan mendapat banyak apresiasi dari masyarakat umum.

Untuk mengenang sosok Drs. Suyadi atau pak raden, berikut ini akan saya berikan beberapa informasi dan fakta tentangnya :
  • Lahir dengan nama Raden Soejadi di Puger, Jember, Jawa Timur, pada 28 November 1932 dan meninggal di Jakarta pada 30 Oktober 2015 (82 tahun)
  • Si Unyil adalah tokoh boneka ciptaan pak Raden yang paling terkenal dan menjadi ikon di Indonesia
  • Acara Laptop Si Unyil yang ditayangkan Trans 7 mendapat banyak pujian karena begitu menghibur dan informatif
  • Selain tokoh Si Unyil, ada pula tokoh Pak Raden dan Ogah yang juga dikenal publik
  • Suyadi merupakan lulusan Seni rupa Institut Teknologi Bandung dan pernah belajar animasi ke Perancis
  • Pak Raden didaulat menjadi salah satu ilustrator buku pelajaran bahasa Indonesia untuk SD
  • Kumis Pak Raden sangat terkenal dan banyak ditiru oleh orang-orang di Indonesia
  • Hak cipta Si Unyil diserahkan kepada PFN (Perum Produksi Film Negara)