Ternyata Ini Alasan Bill Gates Mau Lunasi Hutang Nigeria Sebesar Rp 950 Miliar

Kabar heboh terbaru datang dari Bill Gates ketika dia bersama Bill & Melinda Gates Foundation dikabarkan bersedia melunasi hutang negara Nigeria kepada Jepang sebesar USD 76 juta atau sekitar Rp 950 miliar.


Banyak orang yang bertanya-tanya kenapa Bill melakukan hal itu? Bukankah itu adalah urusan negara itu sendiri? Apakah Bill Gates bingung memakai uangnya sehingga digunakan untuk melunasi hutang negara lainnya?

Ternyata alasan dari kesediaan Bill & Melinda Gates Foundation untuk melunasi hutang Nigeria kepada Jepang yang nominalnya hampir Rp 1 triliun itu adalah karena hutang itu digunakan untuk membebaskan negara ini dari Polio.

Nigeria yang merupakan salah satu negara dengan warga misikin terbanyak di dunia sedang berjuang untuk melepaskan diri dan membebaskan warganya dari Polio. Mereka tak punya uang untuk melakukan hal itu sehingga meminjam dana dari Jepang untuk melakukannya.

Program memerangi Polio itu berhasil di tahun 2017 dan Nigeria bebas dari Polio, namun sayangnya hutang mereka kepada Jepang belum bisa dilunasi karena keadaan keuangan negara yang minim.

Hal ini membuat Bill & Melinda Gates Foundation merasa iba dan akhirnya bersedia melunasi hutang tersebut. Belum jelas apakah pelunasan hutang in bersyarat atau tidak, namun ini merupakan langkah pasti dari Bill Gates untuk beramal ke seluruh dunia.

Negara lain yang belum bebas dari Polio adalah Pakistan dan Afghanistan, kedua negara itu menjadi fokus berikutnya. Bill & Melinda Gates Foundation dikenal karena amalnya dalam membangun kesehatan di seluruh dunia, mereka bahkan beramal hingga USD 3 miliar tiap tahunnya.