10 Ritual Adat Mengerikan yang Ada Di Indonesia, Beberapa Masih Eksis Loh!

Saking banyaknya suku dan budaya yang ada di Indonesia menyebabkan banyak sekali keragaman adat dan ritual yang ada. Mulai dari sabang hingga merauke pasti punya adat dari budayanya sendiri yang bagi suku lainnya dianggap unik dan menarik, bahkan terkadang mengerikan. Berikut adalah 10 ritual adat budaya yang mengerikan di Indonesia :


1. Kerik Gigi
Di Kepulauan mentawai, Sumatera Barat, ada sebuah ritual adat yang cukup unik dan mengerikan. Konon wanita adat di sana akan mengerik giginya hingga runcing sebagai tanda bahwa mereka sudah memasuki masa dewasa. Gigi runcing juga dianggap sebagai simbol kecantikan bagi wanita di suku ini.

2. Debus
Ritual asal Banten yang satu ini sering dijadikan sebagai seni tradisional untuk mempertunjukkan ilmu kekebalan yang membuat bulu kuduk berdiri.

3. Ikipalin
Suka Dani di Papua akan memotong jarinya seruas demi seruas sebagai tanda belasungkawa atas meninggalnya saudara mereka, hmm bisa bayangkan kalau yang meninggal puluhan orang?


4. Nusa Palek
Masih di suku Dani, Papua. Selain memotong jari, ternyata ada adat potong daun telinga sebagai tanda belasungkawa juga, hadeh kok repot amat yah? Yah itu emang adat mereka si, mau gimana lagi hehe.

5. Persembahan kepala
Suku Naulu di Maluku punya persembahan kepala manusia untuk rumah adat dan bahkan mas kawin. Untungnya di tahun 2005 tradisi ini sudah berakhir karena tidak manusiawi dan ditentang dunia.


6. Ngayau
Berbeda dengan persembahan kepala di Maluku, Ngayau atau Kayau ini adalah ritual berburu kepala musuh oleh suku Dayak.

7. Kanibalisme
Suku Korowai di Papua konon pernah menjalankan adat kanibalisme, namun kebenarannya masih diragukan karena kurangnya bukti. Semoga aja ini hanya mitos deh yah, ngilu deh.

8. Ma'Nene
 

Ini adalah ritual paling ekstrim dan paling terkenal dari Tana Toraja dimana jenazah saudara mereka akan dibangkitkan, dibersihkan, dipakaikan pakaian, dan diajak jalan-jalan keliling kampung. Hiii serem!

9. Perang Pandan
Di Bali ada ritual keagamaan perang pandan sebagai penghormatan untuk dewa Indra. BTW yang bikin ngeri, pandan yang dipakai berduri tajam dan bisa melukai kulit.

10. Penamou
Hey ladies, kalian mau jadi anggota suku Naulu di Maluku gak? Katanya disana kalau cewek dewasa dan lagi hamil bakalan diasingkan di bangunan beratap rotan beralas tanah yang luasnya hanya 2x2 meter, mau?