5 Tanda Fisik yang Menandakan Anda Kecanduan Kopi

Apakah anda merasakan seperti yang saya rasakan setiap pagi ketika belum minum kopi? Pikiran tidak fokus dan rasanya sangat malas. Namun ketika sudah mengkonsumsi kopi, rasanya seperti seorang yang benar-benar sudah bangun tidur di pagi hari.


Ternyata itu adalah tanda dan ciri-ciri di pikiran bahwa kita memang kecanduan dengan minuman yang satu ini. Mungkin bagi sebagian orang, hal tersebut tak terlalu penting dan tak dipikirkan sama sekali, namun bagi orang seperti saya yang sangat susah menjauh dari kopi, gejala itu sangat mengganggu.

Bukan hanya terasa pada pikiran dan jiwa kita loh, ternyata ada gangguan fisik yang menandakan kita sedang mengalami kecanduan kopi. Apa saja tanda dan cirinya? Berikut adalah 5 tanda fisik yang menandakan kita kecanduan kopi :

1. Sakit kepala
Ketika kita minum kopi, ternyata pembuluh darah akan melebar dan menyebabkan rasa sakit di kepala. Nah ketika di pagi hari kita mengalami dehidrasi, pembuluh darah akan menyempit dan menyebabkan sakit kepala yang terasa di otak. Namun jika sudah minum kopi, maka rasa sakit akan hilang.

2. Nyeri otot
Ketika anda sudah terlalu banyak mengkonsumsi kopi, maka otot akan terasa nyeri, namun ketika anda belum meminum kopi, otot juga akan merespon dan menyebebakan nyeri, dan parahnya lagi untuk para pecandu kopi, berhenti minum kopi ternyata memberikan dampak yang lebih menyakitkan di otot kita.

3. Tensi darah tidak stabil
Jika kita minum kopi, maka tekanan darah akan naik dan detak jantung semakin cepat, sedangkan ketika kita tidak meminum kopi, maka tensi darah akan menurun dan menyebabkan rasa pening di kepala, lelah, dan tidak semangat, ini yang sering kita rasakan di pagi hari.

4. Suhu tubuh ekstrim
Apakah anda menyadari saat minum kopi dan tubuh terasa hangat? Hal itu disebabkan karena tekanan darah naik. Namun saat belum ngopi, anda akan merasa dingin bahkan berkeringat yang rasanya tidak enak sama sekali karena tekanan darah turun.

5. Insomnia
Banyak orang yang menggunakan kopi sebagai senjata ampuh mengusir kantuk di malam hari ketika begadang, namun hasilnya tubuh kurang tidur dan menyebabkan rasa lemas yang sangat terasa di pagi hari.