5 Penyebab Utama Ngorok (Mendengkur) Saat Tidur Pulas

Mendengkur atau ngorok saat tidur pulas menjadi masalah bagi sebagian orang, terutama mereka yang tergangu karena suara dengkuran tersebut. Terkadang tidur ngorok bahkan menjadi alasan keributan pasangan suami istri hanya karena salah satu terganggu dengan suara dengkuran pasangannya.


Jika berbagai pengobatan sudah dilakukan dan ternyata tidur masih saja mendengkur, maka ada beberapa hal yang seharusnya anda hindari agar tidur tidak terus menerus mendengkur dan mengganggu orang lain.

Berikut ini adalah 5 penyebab utama tidur ngorok yang sering dialami oleh banyak orang :

1. Merokok
Bahan di dalam rokok ternyata bisa menyebabkan inflamasi atau radang saluran nafas sehingga menyebabkan penyumbatan nafas ketika tidur dan akhirnya anda ngorok ketika sedang terlelap.

2. Tidak nyaman
Tidur di ranjang yang kotor, keras, dan lembab ditambah bantal yang keras, tidak nyaman, dan bau akan membuat tidur kurang nyaman dan hal ini memicu anda untuk mendengkur saat tidur. Ada baiknya beresi tempat tidur agar nyaman digunakan.

3. Minuman keras
Alkohol membuat otot berelaksasi dan melemas, sehingga ketika tidur menyebabkan saluran nafas tersumbat dan membuat anda mendengkur.

4. Posisi tidur yang salah
Kebanyakan orang yang ngorok saat tidur biasanya memiliki posisi tidur telentang. Hal ini karena gaya gravitasi dan otot tenggorokan yang kendur menyempitkan saluran nafas dan hasilnya anda akan mendengkur. Lebih baik posisi miring saat tidur.

5. Kurang olahraga
Kebanyakan orang gemuk lebih berpotensi untuk mengalami tidur ngorok karena otot-otot di sekitar lehernya mengendur. Jika anda melakukan olahraga dengan rajin, maka ada 2 keuntungan yang bisa didapatkan, yaitu tubuh menjadi sehat dan otot-otot kencang sehingga bisa mencegah ngorok saat tidur.