10 Masjid Bersejarah Di Indonesia yang Menakjubkan

Indonesia adalah negeri dengan muslim terbesar di dunia dan sejarah perkembangan Islam yang sangat kuat dan tersebar luas di hampir seluruh wilayah nusantara sejak jaman kerajaan, penjajahan, dan kemerdekaan hingga saat ini. Tidak terbayangkan bagaimana perjuangan rakyat sejak dulu jika tidak disertai dengan ajaran agama Islam yang mampu menyatukan rakyatnya.

Ada banyak sekali masjid yang digunakan umat Islam untuk beribadah di Indonesia, namun ada sekitar 10 masjid bersejarah yang menjadi saksi perjalanan Islam di tanah air. Berikut ini adalah daftar 10 masjid bersejarah yang populer di Indonesia :

1. Masjid Agung Banten

 

Salah satu masjid tertua dengan mercusuarnya, dibangun pada sekitaran tahun 1.500 oleh Sultan Maulana Hasanuddin (Kesultanan Banten) yang merupakan anak Sunan Gunung Jati.

2. Masjid Agung Cirebon

 

Masjid yang terkenal dengan nama Masjid Agung Sang Cipta Rasa atau masjid Agung Kasepuhan ini disebut sebagai masjid tertua di Cirebon yang dibangun pada tahun 1480. Arsiteknya adalah Sunan Kalijaga yang ditunjuk oleh Sunan Gunung Jati, disampingnya terdapat Banyu Cis Sang Cipta Rasa (sumur zam-zam) yang banyak dikunjungi karena airnya banyak dipercaya berkhasiat.

3. Masjid Menara Kudus


Dikenal pula dengan nama Masjid Al Manar atau masjid Al Aqsa Manarat Qudus, dibangun oleh sunan Kudus pada tahun 1549. Yang unik dari masjid ini adalah menara yang mirip bangunan Candi.

4. Masjid Agung Demak


Masjid yang sering digunakan sebagai tempat berkumpul para wali songo, didirikan oleh Raden Patah pada tahun 1401. Masjid ini punya nilai sejarah dan misteri yang cukup kuat sehingga menjadi salah satu tempat tujuan, khususnya untuk rombongan peziarah.

5. Masjid Sunan Ampel


Masjid Ampel berada di Surabaya, didirikan pada tahun 1421 oleh Sunan Ampel. Arsitektur yang digunakan adalah campuran Tiongkok dan arab, terdapat makam Sunan Ampel dan sumur bertuah di dalamnya.

6. Masjid Kotagede Yogyakarta
 

Masjid yang satu ini dibuat cukup unik dengan gapura yang mirip dengan kebudayaan Hindu dan Budha. Dibangun pada masa kerajaan Mataram tahun 1640 oleh sultan Agung dan dibantu masyarakat yang umumnya beragama hindu dan Budha.

7. Masjid Raya Baiturrahman Aceh


Masjid yang satu ini sangat megah dan indah mirip Taj Mahal di India, dibangun oleh sultan Iskandar Muda pada tahun 1612. Pernah dibakar oleh pemerintah Belanda, namun dibangun kembali untuk menarik simpati warga.

8. Masjid Raya Medan


Dikenal pula dengan masjid Raya Al Mashun, dibangun pada tahun 1906 hingga 1909 oleh kesultanan Deli. Gaya arsitek timur tengah, india, dan spanyol.

9. Masjid Raya Ganting Padang


Masjid yang dibangun sejak 1805 menjadi masjid tertua di Padang, pernah dijadikan tempat mengungsi presiden Soekarno. Tsunami dan gempa bumi tak membuat masjid ini roboh.

10. Masjid Istiqlal Jakarta


Masjid nasional yang dibangun pada tahun 1951-1978 dengan menghabiskan dana $ 12 juta, dibuat oleh Frderich Silalaban yang ditunjuk oleh presiden Soekarno. Masjid ini adalah yang terbesar di Asia Tenggara dan mampu menampung hampir 200 ribu jamaah di dalamnya.