Kontroversi dan Bahayanya Skip Challenge yang Sedang Viral Di Internet

Skip Challenge atau Pass Out Challenge adalah sebuah tantangan yang mulai dikenal di Inggris sejak tahun 1995 silam, namun kini sedang populer kembali karena peran internet yang menyebarkannya secara luas bahkan hingga ke Indonesia.


Tantangan ini dilakukan dengan menekan dada seseorang dengan keras selama beberapa menit sehingga menimbulkan efek seperti mengkonsumsi obat-obatan terlarang. Permainan ini sangat berbahaya bagi pelakunya karena efek singkatnya mereka akan merasakan kejang-kejang hingga pingsan, dan efek panjangnya akan membuat otak cacat secara permanen karena kelakuan nyeleneh para remaja ini.

Saat ini banyak sekali anak alay yang meniru tantangan skip challenge dan mengunggahnya di akun sosial media miliknya dengan tagar #skipchallenge, mereka merasa bangga dan berani dengan tantangan ini tanpa mengetahui bahaya yang mengancamnya.

Menurut beberapa penelitian yang dilakukan oleh dokter, skipp challenge sangat berbahaya dan ada beberapa efek negatif yang bisa timbul karena hal ini. Berikut ini adalah gangguan kesehatan yang akan terjadi karena tantangan bodoh ini :
  • Kejang-kejang
  • Pingsan
  • Hipoksia (kekurangan oksigen)
  • Kerusakan otak permanen karena oksigen ke otak terhambat
  • Kerusakan jantung dan organ tubuh lainnya
  • Kematian
Betapa berbahayanya tantangan bodoh ini sehingga banyak sekali pihak yang angkat bicara dengan trend yang saat ini sedang populer ini. Bimbim Slank mengatakan bahwa ini adalah permainan bodoh dan harus dihindari, sementara menteri pendidikan juga menyuruh para guru dan karyawan sekolah untuk melarang permainan ini.

Memang dunia remaja adalah hal yang penuh dengan tantangan untuk membuktikan diri mereka sendiri, namun bukan dengan hal-hal bodoh yang mengundang maut seperti ini pula. Pintar-pintarlah dalam menyaring yang ada di internet karena saat ini banyak sekali "sampah" di internet.