Jalur Busway Layang Ciledug ke Tendean Habiskan Dana 2,5 Triliun

Transportasi di Indonesia terus dibenahi oleh pemerintah, sebelumnya pembangunan jalan trans Papua terus digenjot demi bisa membuat kemajuan nyata di sana. Selanjutnya di Jakarta dibuat jalur busway layang yang menghubungkan Ciledug-Blok M-Tendean. Jalur yang dibangun pemerintah provinsi DKI Jakarta ini merupakan jalur layang terpanjang di Jakarta.

Saat ini pengerjaan bisa dikatakan sudah selesai secara struktural, namun masih menunggu pembangunan infrastruktur tambahan seperti eskalator dan lift yang katanya akan segera rampung dalam waktu dekat. Saat ini masih dilakukan pengujian jalan agar nantinya aman dalam penggunaannya dan benar-benar maksimal untuk menguraikan kemacetan di Jakarta.

Jalur melayang ini panjangnya mencapai 9,3 km, nantinya bus TransJakarta akan melakukan pemberhentian di 12 halte. Beberapa simulasi sudah dilakukan dan perhitungan waktunya juga sudah diperkirakan, jika berjalan lancar maka perjalanan dari Ciledug ke Tendean hanya memerlukan waktu 25 menit saja.

Pembangunan jalan layang transJakarta dikerjakan oleh 8 kontraktor dan menghabiskan dana sekitar Rp 25 triliun, biaya sebesar itu digunakan untuk pembangunan jalan, infrastruktur tambahan, pembebasan lahan di sekitarnya, dan biaya lainnya untuk pembangunan ini.

Semoga dengan adanya jalur busway layang ini dapat menyelesaikan masalah kemacetan di Jakarta yang sudah terjadi bertahun-tahun lamanya tanpa penyelesaian yang jelas. Berikut ini adalah gambaran jalur layang busway Jakarta yang akan segera selesai :