5 Tips dari Dokter Kulit Untuk Mencegah Kebotakan

Kebotakan merupakan salah satu hal yang banyak dialami oleh manusia di usia senja, namun tak jarang banyak orang di usia muda sudah mulai mengalami kebotakan yang cukup parah. Saya sendiri juga mengalami kebotakan sejak usia 25 tahun, dan hal itu cukup mengganggu rasa percaya diri saya yang terus menurun karena ejekan teman-teman.


Sebenarnya penyebab kebotakan rambut bisa berasal dari banyak hal, entah itu faktor internal dari dalam tubuh maupun faktor eksternal dari luar tubuh. Namun terkadang kebotakan merupakan salah satu faktor genetik atau keturunan dimana ada orang tua atau saudara kita yang memang botak rambutnya.

Lalu apa saja hal sederhana yang bisa mencegah kebotakan rambut, khususnya pada kaum pria? Berikut ini adalah 5 tips sederhana yang diberikan oleh dokter kulit :

1. Hindari stres berlebih
Stress yang berlebihan dapat menyebabkan meningkatnya hormon kortisol yang mengakibatkan hormon lainnya terganggu dan menyebabkan kebotakan pada rambut di usia dini. Banyak orang yang mengalami kebotakan akibat tingkat stres yang tinggi dalam hidupnya.

2. Lakukan meditasi tiap hari
Orang yang melakukan meditasi sebelum tidur dan sesudah tidur selama 10-15 menit, ternyata memiliki rambut yang lebih lebat ketimbang mereka yang tidak melakukannya. Dengan melakukan meditasi, maka otak akan lebih rileks dan menurunkan tingkat stres.

3. Olahraga teratur
Olahraga kardio dapat menurunkan hormon kartisol sebanyak 42% dan membantu kita mencegah datangnya kebotakan di usia dini. Olahraga memang memiliki banyak sekali efek positif terhadap tubuh kita, mereka yang sering melakukan olahraga akan lebih sehat ketimbang yang sering malas-malasan.

4. Terapi Topikal
Terapi topikal dilakukan dengan cara meneteskan minoxidil di kulit kepala, berguna untuk melancarkan peredaran darah dan membuat oksigen dan nutrisi tetap terserap rambut di sekitar kepala.

5. Gunakan Sampo Ketokonazol
Sampo ini manjur untuk mencegah rambut yang penuh dengan ketombe, namun setelah diteliti lagi ternyata bisa juga mencegah kebotakan rambut. Minimal kandungan ketokonazol adalah 1%, berfungsi sebagai anti-androgen yang mencegah perubahan testoteron menjadi dihydrotesteron.