15 Misteri Di Indonesia yang Belum Terpecahkan dan Menggegerkan Dunia

Di dunia ini ada banyak sekali misteri yang terus diteliti untuk dikuak, namun ada sebagian yang memang benar-benar misteri atau mungkin haya mitos belaka. Tak hanya di dunia ini, di Indonesia sendiri ada banyak sekali misteri yang belum terkuak keasliannya hingga saat ini, bahkan banyak peneliti dari luar negeri yang penasaran dan ikut andil dalam meneliti berbagai misteri yang ada.


berikut adalah 15 misteri yang ada di Indonesia dan belum terpecahkan hingga saat ini sehingga membuat banyak orang penasaran dengan jawabannya :

1. Kapal hantu Ourang Medan
Tahun 1947 ada 2 kapal Amerika yang berada di selat Malaka, mereka mendapat pesan darurat dari kapal dagang Belanda, ourang Medan (Orang Medan). Isi kode morse itu adalah : "Semua awak kapal, termasuk kapten terbaring sekarat di ruang peta (chartroom) dan anjungan, mungkin semuanya telah meninggal dunia".

Setelah didekati kapal penyelamat yang paling dekat, mereka menemukan pemandangan yang sangat mengerikan. Jasad-jasad para kru bertebaran di dek dengan kondisi mata terbelalak seperti ketakutan, namun tak ada tanda kekerasan yang ditemukan di dalam kapal, bahkan tak ada darah dan perlawanan dari penghuni kapal itu.

Ketika hendak ditarik ke dermaga untuk dilakukan pengecekan, tiba-tiba kapal itu meledak dan mengeluarkan asap tebal, tenggelam dan menghilangkan semua bukti yang ada. Sampai saat ini, kapal Ourang Medan masih menjadi misteri yang belum terpecahkan.

2. Balok Tjipetir
Balok kayu bertuliskan Tjipetir sempat membuat Eropa geger karena banyak ditemukan di beberapa negara seperti Inggris, Jerman, Denmark, dll. Setelah ditelusuri, ternyata Tjipetir adalah nama kebun karet di Sukabumi, Jawa Barat, yang beroperasi pada masa penjajahan Belanda dulu. Diduga itu adalah getah perca yang membeku dan berbentuk seperti kayu, ada yang mengatakan bahwa itu adalah tumpahan kargo kapal Miyazaki Maru di perang dunia 1.

3. Asal usul bangsa Madagaskar dari Indonesia
Menurut penelitian yang dilakukan, asal usul warga Madagaskar yang saat ini ada ternyata berasal dari Indonesia, tepatnya dari daerah Sumatera dan Kalimantan. Ada yang mengatakan bahwa dulunya di jaman kerajaan, ada ribuan orang Indonesia yang menaiki kapal menuju ke Afrika, namun tenggelam dan hanya sebagian yang selamat, mungkin mereka adalah penghuni Madagaskar saat ini. DItemukan banyak hal yang mirip dengan budaya asli Indonesia, mulai dari bahasa, peralatan, wajah, dan lain sebagainya.

4. Atlantis ada di Indonesia
Siapa yang tidak tahu Atlantis, sebuah legenda tentang tempat yang paling maju di jaman dulu. Namun hingga kini, legenda Atlantis yang dikatakan Plato, belum ditemukan karena tenggelam ke dasar laut. Banyak ilmuwan yang menduga kalau Atlantis ada di bawah Indonesia, atau bahkan memang Indonesia? Siapa yang tahu!

5. Piramida tertua di dunia
Sebuah bukit (gung Padang) di Cianjur, Jawa Barat, diduga sebagai piramida tertua di dunia yang belum tereksplor. Namun sebagian orang mengira bahwa itu adalah istana prabu Siliwangi yang gagal dibangun dalam waktu semalam. Setelah dilakukan berbagai penelitian, ditemukan banyak sekali batu-batu yang menunjuk pada bangunan besar di bukit itu, sehingga ada yang menyatakan bahwa itu adalah sebuah piramida yang paling tua, bahkan lebih tua dari yang ada di Mesir.

6. Manusia Hobbit Flores
Di Flores ditemukan fosil manusia kerdil, bahkan ada yang mengklaim melihat rupa aslinya yang sedang berjalan. Setelah dilakukan penelitian, ternyata fosil itu sangat unik karena bentuknya kecil, mereka diduga sebagai nenek moyang yang terlupakan karena bentuknya yang unik dan berbeda dengan fosil lain yang pernah ditemukan di dunia ini.

7. Suku bermata Biru
Suku Lingon di Halmahera Selatan menjadi salah satu suku yang menarik perhatian, pasalnya suku ini punya mata biru, berkulit putih, dengan tubuh besar layaknya bule. Sayangnya sebelum dilakukan penelitian, suku ini sudah punah terlebih dahulu.

8. Suku berekor Kalimantan
Tahun 1789, seorang naturalis dari Norwegia menemukan kabar tentang suku berekor di Kalimantan. Namun setelah diteliti dan dicari keadaannya, mereka tak menemukannya sama sekali, meski ada beberapa yang mengaku pernah melihatnya.

9. Piramida Sihurip, Garut
Selain di Cianjur, ternyata di Garut juga terdapat sebuah gunung yang bernama Sihurip. Dari penampakannya, gunung ini mirip dengan sebuah piramida yang besar dan sangat tua, saat ini masih dilakukan penelitian tentang tempat yang satu ini.

10. Misteri candi Borobudur
Candi terbesar di Indonesia ini menjadi sebuah kekayaan yang dimiliki Indonesia, tiap tahunnya didatangi oleh wisatawan dari berbagai daerah di dunia. Namun masih menjadi misteri hingga saat ini, siapa pembuat candi ini karena diduga dibuat di atas danau purba, dan tak ada sejarah yang benar-benar kuat untuk mengungkap tentang candi ini.

11. Kasus Sum Kuning
Tahun 1970 menjadi sebuah misteri hukum di Indonesia yang sampai saat ini belum terungkap. Sumarijem, korban kekerasan dan pelecehan, kasus ini mengangkat nama polisi paling jujur di Indonesia, yaitu polisi Hoegeng.

12. Kasus Reformasi
Mei 1998 merupakan sebuah misteri yang sampai saat ini belum bisa terpecahkan, padahal ini adalah salah satu sejarah penting negara ini. Kasus penembakan tanpa diketahui pelakunya, perusakan terencana, kekerasan, penculikkan, dan lain sebagainya yang hingga saat ini belum bisa diusut secara jelas.

13. Penembakan misterius (petrus)
Sampai saat ini, petrus masih dikenal baik dan menjadi momok menakutkan di Indonesia. Pada masa orde baru, banyak preman dan anak liar yang menghilang tanpa jejak, sebagian ditemukan meninggal dunia. Ini adalah operasi penghilangan sampah masyarakat yang terbilang kejam dan tidak manusiawi, namun sampai saat ini belum ada titik temu siapa dibalik kasus ini.

14. Kasus Marsinah
Perjuangan buruh yang melegenda, nama Marsinah bahkan dibuat menjadi lagu oleh kalangan anak punk di Indonesia. Dia adalah buruh yang melakukan demo namun menghilang dan ditemukan dalam keadaan meninggal dunia dengan bekas luka penyiksaan yang sangat keji. Kasus ini tidak terpecahkan dengan baik dan seakan tertutup tanpa benar-benar diungkap.

15. Kasus Munir
Aktivis HAM yang meninggal di pesawat ketika berangkat ke Belanda, Polycarpus dijadikan tersangka dalam kasus ini, namun masih menyisakan misteri dibalik kasus pembunuhan ini. Diduga bahwa ada penguasa yang sengaja membunuh Munir karena dia tahu tentang banyak rahasia di negara ini.