14 Robot Paling Canggih Di Dunia yang Mengagumkan

Manusia selalu mengembangkan segala sesuatu di dunia ini, mulai dari jaman batu hingga saat ini dimana sudah banyak sekali teknologi yang diciptakan dan sangat bermanfaat. Salah satu teknologi yang banyak menyita perhatian dan paling diminati saat ini adalah pembuatan robot dengan berbagai kemampuan dan fitur canggih di dalamnya.


Jepang dan Amerika mungkin adalah 2 negara yang paling semangat dalam membuat berbagai jenis robot canggih yang ada di dunia ini. Namun sebenarnya di Indonesia juga banyak mahasiswa dan ilmuwan yang berhasil merakit robot dengan berbagai kemampuan unik.

Ada banyak jenis robot yang telah diciptakan dan siap untuk diproduksi masal saat ini, namun setidaknya ada beberapa yang dianggap sebagai robot tercanggih saat ini. Berikut adalah daftar 14 robot tercanggih yang mengagumkan :

1. Ecci
Robot yang mirip manusia dengan tangan dan kaki dan kemampuan memperbaiki kesalahan diri sendiri dengan otak di dalamnya.

2. Human Support Root
Robot jepang yang didesain untuk menemani pasien di rumah sakit ini memiliki kemampuan untuk menampilkan video maupun film 3D di perutnya, keren yah.

3. Asimo
Robot produksi Honda Jepang ini dibuat untuk membantu pekerjaan manusia, didesain seperti robot anak-anak. Banyak kemampuan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, seperti memjadi asisten rumah tangga ataupun sebagai penjinak bom.

4. MH2
Universitas Yagatama, Jepang, berhasil menciptakan sebuah robot yang bisa menghubungkan orang-orang di dunia ini, bisa dibilang robot ini adalah pengganti orang yang jauh dari anda dengan tetap berkomunikasi.

5. Robo Bulider
Robot ini masih terus dikembangkan agar bisa bergerak dengan lebih baik, robot ini adalah robot-robot yang didesain untuk bermain sepak bola dengan segala keseruannya di lapangan khusus.

6. Baxter
Robot pengemas barang yang banyak digunakan oleh perusahaan besar, robot industri ini sudah dibuat secara masal dan banyak dibeli karena mampu membantu pekerjaan dan menggantikan peran manusia.

7. HAL Exoskleton
Salah satu robot yang dibuat khusus untuk mempersiapkan diri dari bahaya bom nuklir yang ditakutkan dunia. Robot ini merupakan salah satu robot yang kelak akan sangat membantu jika benar-benar terjadi perang nuklir.

8. LS Quadruped
Robot Jepang ini merupakan salah satu robot pengangkut barang yang bisa digunakan dalam medan yang sulit, diciptakan sebagai pengganti kuda dengan tenaga yang besar dan mampu membawa beban hingga 2000 ponds

9. Cheetah Robot
Robot hewan dengan kemampuan lari paling cepat di dunia, kemampuan larinya mencapai 45 km/jam.

10. Robonaut 2
Robot milik NASA yang bertugas membantu astronot di luar angkasa. Memiliki otak yang pintar dan mampu mengerjakan berbagai hal untuk membantu manusia di luar angkasa.

11. Petman
Robot milik Google ini mirip seperti Asimo, namun punya kemampuan yang lebih hebat. Dia bisa berjalan melalui berbagai medan yang sulit, menggunakan tenaga gas atau angin yang membuatnya tahan lama. Bahkan robot ini juga bisa digunakan untuk membawa peliharaan anda jalan-jalan.

12. NAO
Salah satu robot yang sudah diproduksi secara masal, bisa dibeli dengan harga kisaran 100 juta, memiliki bentuk seperti manusia dengan bentuk yang lebih kecil, namun punya kemampuan yang luar biasa.

13. Martin Kelly’s Head
Robot yang dibuat mirip seperti wajah manusia dengan kulit, ekspresi, dan gerak yang sangat mirip dengan manusia. Robot ini masih terus dikembangkan saat ini untuk bisa dibuat dengan banyak rupa.

14. Atlas
Robot dengan keseimbangan yang sangat baik ini dibuat untuk membantu pekerjaan tim sar dalam pencaria dan penyelamatan korban yang kadang melewati jalur yang sulit diakses.