Soal Uang Baru yang Habib Rizieq Sebut Ada Simbol Palu Arit-nya PKI, Ini Penjelasan BI

Ada-ada saja berita di Indonesia saat ini, belum rampung kasus penistaan agama yang dilakukan oleh Ahok, muncul kasus makar, kemudian muncul lagi kasus tangkap tangan KPK, dan berbagai berita baru yang kalau kita cermati lagi secara mendalam, kebanyakan kasus yang terjadi itu sangat lucu dan menggelikan. Contohnya saja, kasus Fitsa Hats yang ramai jadi guyonan di dunia maya, bukankah mereka yang terkait dalam hal ini adalah orang-orang penting?!

Kali ini muncul lagi kasus heboh yang bermula dari sebuah video di youtube. Video berdurasi 2 menit 49 detik yang diunggah oleh akun FPI TV, berisi ceramah habib Rizieq Shihab yang mengatakan kalau dalam pecahan uang 100 ribu yang baru terdapat logo palu arit ala PKI (salah satu partai yang dilarang di Indonesia).


Sontak berita itu langsung menyebar luas melalui berbagai media masa, dan akhirnya sampai ke pemerintah dan menarik perhatian banyak pihak. BI sendiri melalui Gubernurnya, Agus Martowardojo, memberikan penjelasan terkait isu palu arit tersebut, seperti yang dikutip dari BBC "Gambar tersebut merupakan gambar saling isi (rectoverso), yang merupakan bagian dari unsur pengaman uang Rupiah sekaligus menghindari pemalsuan".


Aksi habib Rizieq itu akhirnya dilaporkan ke polisi oleh JIMAF (Jaringan Intelektual Muda Anti Fitnah), dengan tuduhan menyebarkan berita bohong yang bermuatan SARA seperti yang tertuang dalam Pasal 28 ayat (2) JO Pasal 45 ayat (2) Undang-undang RI nomor 19 tahun 2016 atas Perubahan tentang nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi Transaksi Elektronik (ITE).

Waduh-waduh Indonesia kok jadi begini yah? Apa karena sudah terlalu banyak orang pinter di dalamnya, atau terlalu banyak orang termakan isu yang belum jelas kebenarannya?