Penayangan Serial India di TV Lokal yang Cukup Memprihatinkan

Hampir setiap hari kita akan disuguhi tayangan serial Bollywood, mulai dari ANTV yang disebut sebagai rajanya serial India, lalu MNC TV, Indosiar, dan stasiun tv lain. Bagi sebagian kaum wanita, khususnya ibu-ibu, mungkin mereka senang dengan acara semacam ini karena aktornya yang ganteng dan aktrisnya yang cantik, jalan ceritanya juga berbeda dengan sinetron lokal yang biasanya hanya bertumpu pada cerita cinta remaja saja.


Serial India seperti Mahabarata, Uttaran, Jodha Akbar, dan lain sebagainya memang hampir setiap hari tayang di stasiun tv lokal. Yang lebih menjengkelkan adalah, jam tayangnya adalah jam tayang prime (17.00-21.00), dimana saat itu banyak orang menonton tv. Mungkin bagi yang menyukai serial Bollywood akan senang, namun bagi saya yang tak menyukainya, rasanya seakan dijejali dengan hal yang tak saya inginkan. Terkadang saya lebih baik bermain komputer atau handphone di kamar daripada harus menonton serial India, entah kenapa ibu dan saudari saya sangat menyukai acara ini.

Banyak pihak yang mengecam keadaan ini, bahkan di tahun 2015 KPI sempat menegur ANTV karena intensitas mereka dalam menayangkan serial India yang bertubi-tubi. Namun nyatanya acara ini masih terus saja tayang, bahkan terus diperbarui dengan serial lain yang memiliki durasi tayang berjam-jam dan memiliki episode yang mencapai ribuan jumlahnya.

Jujur saja, saya lebih menyukai tayangan olahraga, kartun, berita, petualangan, musik, atau acara yang mengenalkan budaya dan kekayaan alam Nusantara. Namun sayangnya hanya sebagian stasiun tv saja yang memiliki acara tersebut, dan acara itu tayangnya di jam yang tidak tepat karena saya bekerja dan tidak bisa nonton tv.

Kejengkelan netizen dengan serial India disampaikan lewat media sosial, misalnya saja meme sindiran tentang sinetron India yang heboh di masyarakat, lalu ada juga yang menuliskan di blog mereka tentang ketidak sukaan mereka dengan tayangan India yang berlebihan.

Bukan hanya menyiarkan tayangan ulang seria Bollywood, bahkan ada sebagian tv yang sengaja membuat acara musik dengan mengundang artis Bollywood ke tanah air, smabutan penonton yang histeris membuat acara sukses. Baru-baru ini juga ada kerja sama artis India dan Indonesia untuk membuat serial yang dibintangi mereka, hadeh tambah puyeng lihatnya.