Facebook Watch, Layanan Video Baru Pesaing Youtube dan Netflix

Perang teknologi terus berlanjut dan para raksasa teknologi bersaing untuk bisa mengungguli lawannya dalam mengambil hati para pengguna internet. Saat ini mesin pencari adalah milik Google, layanan video milik youtube (google), sistem operasi komputer milik microsoft, sistem operasi smartphone milik android dan apple, dan sosial media adalah facebook rajanya.


Youtube sudah lama sekali merajai layanan video di seluruh dunia, salah satu alasan penting kenapa youtube bisa dengan cepat menjadi besar seperti saat ini adalah karena pihak youtube (google) selalu mengutamakan layanan untuk publik di seluruh dunia sehingga mereka senang dihargai saat mengakses youtube.

Buka youtube juga gratis (selain iklan yang ada), para kreator video bekerja keras membuat video yang ditempatkan di youtube agar dilihat orang dan mendapatkan banyak uang dari video tersebut melalui kerja sama iklan dengan pihak youtube dan pengiklan.

Facebook melihat bahwa layanan video saat ini banyak disukai oleh para penguna internet, mereka bekerja keras dengan cepat untuk membuat layanan video pesaing dari youtube. Facebook watch adalah layanan yang sedang dikembangkan oleh Facebook saat ini.

Mereka nampaknya akan meniru gaya bisnis dari youtube, yaitu mengajak para kreator video untuk mengisi video di layanan mereka dan mengundang para pengiklan untuk beriklan di layanan ini. Jika ini lebih baik dari youtube, maka siap-siap saja para kreator video youtube akan berlari ke facebook watch.

Pihak youtube tentu tidak akan tinggal diam saja melihat facebook watch yang sedang dibuat, ini adalah ancaman nyata dan mereka harus bersiap untuk bisa bersaing. Selain youtube, Netflix juga nampaknya akan merasakan ancaman dari facebook watch ini.

Tunggu saja dalam waktu dekat, bagaimana layanan facebook watch ini dan apakah lebih baik ketimbang dengan yang ada di youtube atau netflix?