Menguak Misteri Isu Teror Gaib yang Sempat Menggegerkan Indonesia

Rakyat Indonesia adalah orang-orang yang tumbuh dan berkembang dengan kepercayaan kepada hal-hal mistis hingga saat ini. Mungkin hal itu juga yang menjadi alasan banyaknya isu tentang teror hal gaib yang horor dan menghantui warga dari dulu hingga sekarang.

Teror horor apa saja yang pernah menggegerkan dan membuat takut Indonesia?

1. Teror Ninja di Jawa Timur Tahun 1998
Tahun 1998 menjadi tahun yang sangat mencekam di Jawa Timur, khususnya daerah Banyuwangi. Setelah presiden Soeharto mengundurkan diri, muncul isu teror pasukan ninja yang mengincar ulama dan membunuhnya secara keji.


Isu teror ini dibumbui dengan hal gaib seperti ninja yang bisa menyamar jadi orang gila, bisa menghilang, dan punya kekuatan gaib. Pada masa itu, jarang sekali ada orang yang berani keluar malam karena bisa saja menjadi korban pembunuhan. Biasanya ada rumah yang ditandai seperti tanda silang pada pintunya sebagai tanda bahwa salah satu penghuninya menjadi target pembunuhan.

2. Teror Tuyul Pencuri Uang
Tuyul yang merupakan sosok anak kecil pencuri uang warga adalah isu lama yang tiap waktu sering bermunculan. Konon tuyul dipelihara oleh manusia dan ditugaskan untuk membantunya agar cepat kaya dengan mencuri uang warga. Lucunya, si tuyul ini tidak pernah ada kasus yang mencuri uang di bank, kenapa hayoo?

3. Teror Babi Ngepet Pencuri Uang
Selain tuyul, babi ngepet menjadi teror selanjutnya dimana uang warga jadi sasarannya. Konon babi ngepet adalah perwujudan orang yang memakai ilmu sihir, sedangkan di rumahnya ada yang menjaga lilin agar tetap menyala, karena kalau sampai padam maka babi itu akan berubah ke wujud aslinya sebagai manusia.

4. Teror Kolor Ijo


Kolor ijo adalah sosok lelaki yang hanya memakai kolor ijo saja dan mengincar para wanita untuk melakukan tindak asusila. Kabar ini sempat menghebohkan warga dan membuat warga ketakutan, bahkan pernah ditayangkan di TV dan semakin membuat warga takut dan heboh.

5. Teror Hantu Penasaran
Biasanya ketika ada orang yang mati mendadak karena kecelakaan, pembunuhan, maupun hal lain yang membuat matinya tak wajar, maka akan menjadi arwah gentayangan dan meneror warga sekitar. Hal seperti ini sering sekali terjadi di Indonesia dengan sosok hantu seperti pocong, kuntilanak, dan lain sebagainya.

6. Teror Dukun Santet
 
 
Kalau ada orang mati mendadak secara tidak wajar, maka dukun menjadi orang yang langsung dicurigai. Kalau ada banyak orang yang menjadi korban, maka aksi main hakim sendiri adalah hal yang biasanya terjadi sehingga para dukun akan disiksa oleh warga karena isu ini.