Menguak Legenda 3 Desa yang Hilang Misterius Di Indonesia

Perkembangan Indonesia tak terlepas dari kisah legenda yang beredar luas di masyarakat, sebagian ada yang memang berasal dari kenyataan di jaman dahulu dan sebagian lainnya hanya sebuah mitos ataupun dongeng sebelum tidur yang diceritakan oleh orang tua kepada anak-anaknya sebelum mereka memejamkan matanya di malam hari.

Kali ini saya akan mencoba menguak misteri tentang hilangnya perkampungan penduduk yang menjadi legenda di tanah air. Yang menjadikan legenda ini cukup dipercaya adalah adanya beberapa bukti nyata yang memperlihatkan keberadaan desa tersebut sebelum hilang.

Ok langsung saja berikut ini adalah misteri 3 desa yang hilang secara misterius di Indonesia :

1. Dukuh Legetang
 

Sebuah perkampungan yang berada di kawasan lokawisata Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah, menyimpan banyak misteri yang sampai saat ini masih belum terpecahkan karena bukti nyata tentang sisa kehidupan sudah terpendam di dalamnya.

Konon di masa silam, Dukuh Legetang merupakan sebuah desa yang subur dengan keadaan penduduk yang makmur. Sayangnya mereka punya perilaku yang kurang baik dimana penduduknya suka minuman keras, judi, perzinaan, dan hiburan yang tidak baik.


Kehidupan liar di desa ini berakhir dalam semalam saat serpihan gunung Pengamun-amun menimpa mereka dan menyisakan misteri, pasalnya lokasi gunung dan desa ini cukup jauh, sementara daerah di dekatnya tidak terkena imbasnya sama sekali.

2. Kampung Besari
 

Di daerah Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, ada sebuah air terjun yang bernama curug Kertagangga.

Nah konon ceritanya di sekitar air terjun itu ada sebuah desa gaib bernama kampung Besari. Ada beberapa saksi mata yang konon sempat meihat kehidupan di dalamnya, namun jika sengaja menuju kesana maka yang terlihat hanya kebun biasa milik warga sekitar.

Menurut cerita yang beredar, desa ini menghilang saat terjadi penjajahan dimana rakyat memohon ada Tuhan agar desanya tidak terlihat sehingga tidak terkena siksaan para penjajah. Do'a itu terkabul sementara warga yang tinggal di dalamnya juga menghilang, meski jika hari raya sebagian warga ada yang bersilaturahim ke desa tetangga.

3. Desa Sinjang Moyang
 

Nama yang satu ini nampaknya hanya legenda yang berasal dari jaman kerajaan Padjadjaran. Konon desa yang berada di Tasikmalaya ini dulunya adalah tempat persembunyian harta rampasan dan korupsi kerajaan, namun karena suatu hal akhirnya desa itu menghilang ditelan air situ gede yang ada di sana.