Konsumen Tertipu! Beras Maknyus dan Ayam Jago Harga Mahal, Kualitasnya Rendah

Setelah heboh dengan beras plastik yang belum lama ini terbongkar di Indonesia, kini makanan pokok orang Indonesia itu kembali membuat kehebohan. Hal ini terjadi setelah polisi menggrebek dan menyegel gudang beras dengan kapasitas 1.161 ton.


Gudang beras milik PT Indo Beras Utama yang beroperasi di Bekasi, Jawa Barat, adalah anak perusahaan PT Tiga Pilar Sejahtera Food, Tbk (AISA). Jenis produk beras yang mereka jual diantaranya adalah Beras Maknyus, ayam Jago, Jatisari, Istana Bangkok, Desa Cianjur, Rumah Asat, Rojolele Dumbo. Selain beras, perusahaan ini juga menjual produk makanan lain seperti mie Ayam 2 Telor, Mie Superior, Bihun Superior, Bihun Jagung, Bihunku, Taro, Bravo, Gulas, Mie Kremez, dan produk lainnya.

Berkat penggerebekan polisi ini, akhirnya terbongkar kasus penipuan yang dilakukan oleh PT IBU ini. Menurut menteri Pertanian, perusahaan ini menipu konsumen dengan menjual beras IR64 yang harganya hanya sekitar Rp 9.000, 00 dijual dengan harga Rp 20.000, 00. Tentu saja ini adalah praktek curang yang sangat merugikan konsumen dan pemerintah, apalagi kabarnya beras yang dijual adalah jatah beras untuk korban bencana alam.

Keuntungan mereka katanya sampai triliunan Rupiah dan itu angka yang fantastis!

PT Tiga Pilar Sejahtera Food menolak tuduhan itu dan menyatakan bahwa beras yang mereka jual dengan harga mahal adalah beras yang berstandar tinggi. Standar beras ISO 22000 dikatakan adalah jenis beras yang mereka jual.

Akibat kasus ini, PT TPS Foods beresiko mendapatkan pukulan yang cukup telak di mata konsumen dan hukum. Jika benar mereka melakukan penipuan kualitas beras, maka bisa dipastikan mereka akan terjerat kasus hukum dan bisa membuat perusahaannya disegel pemerintah.

Sementara resiko lainnya adalah kepercayaan konsumen yang telah mereka bangun sejak lama, ini akan menjadi sebuah pukulan hebat bukan hanya untuk produk beras mereka namun juga produk lainnya seperti yang tertulis di atas.

Hati-hati dengan produk mahal yang katanya berkualitas, bisa jadi anda hanya membeli kemasan saja!