Wah Ada Jalan Raya Berbahan Plastik Bekas Di Inggris, Indonesia Harus Coba!

Teknologi terus berkembang dan menghasilkan berbagai penemuan yang terkadang tidak masuk akal namun sangat berguna bagi umat manusia. Belum lama ini telah ditemukan teknologi khusus yang bisa merubah bahan plastik bekas menjadi sebuah bahan olahan untuk mengaspal jalan raya menggantikan peran aspal yang selama ini dipakai.


MacRebur adalah perusahaan asal Skotlandia yang berhasil mengubah plastik bekas menjadi bahan pengaspal jalan raya, kini sudah ada beberapa negara eropa yang mencoba teknologi ini. Di Inggris sendiri, jalan aspal dari bahan dasar plastik bekas sudah dibangun dan saat ini sedang masa pengujian, jika berhasil maka akan diteruskan pembangunannya.

Aspal sendiri merupakan salah satu bahan tambang yang terbatas jumlahnya, harganya juga mahal karena tidak semua negara memilikinya. Dengan adanya teknologi terbaru bernama MR6 ini, maka diharapkan plastik sampah yang ada di dunia dapat dimanfaatkan kembali untuk hal yang lebih baik.

MacRebur mengatakan bahwa material jalan yang berbahan dasar plastik bekas ini memiliki ketahanan yang lebih baik ketimbang jalan yang dibangun dengan material aspal seperti jalan-jalan lainnya. Selain itu, dengan adanya teknologi ini diharapkan akan mengurangi jumlah sampah yang ada di dunia.

Jika pengaspalan jalan raya menggunakan bahan dasar plastik bekas ini berhasil, maka ini adalah jawaban yang tepat untuk Indonesia yang masih kebingungan dalam mengelola sampah yang menggunung dan tidak bisa dimanfaatkan dengan baik.

Mungkin saja beberapa tahun ke depan, jalanan di Indonesia sudah tidak menggunakan aspal lagi karena sudah menggunakan bahan plastik bekas seperti di eropa saat ini.