Ranking Media Sosial Paling Buruk Bagi Kesehatan Jiwa Penggunanya

Media sosial merupakan salah satu media yang kini banyak digunakan oleh manusia untuk berinteraksi dengan orang lain di seluruh dunia. Meski terlihat berguna untuk menambah pertemanan, nyatanya media sosial bisa menjadi salah satu media yang paling buruk untuk kehidupan seseorang di dunia nyata.


Perilaku orang-orang yang sudah kecanduan sosmed biasanya menjadi sosok yang antisosial, mudah stres, perilaku narsisme bahkan depresi, hingga mengganggu kesehatan jiwa penggunanya hanya karena interaksi di dunia maya.

Dikutip dari wolipop.detik.com, berikut adalah ranking terbaru media sosial paling buruk bagi kesehatan :

1. Instagram
Instagram dianggap sebagai media sosial paling buruk bagi kesehatan jiwa penggunanya. Pasalnya kebanyakan orang yang mengunggah foto pribadinya di Instagram akan mengalami penurunan kepercayaan diri.

Kebanyakan pengguna Instagram akan mengedit dan menambah efek pada setiap foto unggahannya agar terlihat lebih bagus dari aslinya. Tentu saja ini adalah hal yang sangat lucu ketika semua orang akhirnya malu dengan tampang aslinya sendiri.

2. Snapchat
Di posisi kedua ada snapchat yang saat ini sedang cukup tenar, sosmed yang satu ini bisa dibilang adalah saingan dari Instagram. Faktanya snapchat memiliki efek buruk seperti Instagram, sayangnya aplikasi yang satu ini masih belum setenar IG sehingga masih berada di posisi kedua sebagai sosmed paling buruk bagi kesehatan jiwa penggunanya.

3. Facebook
Nyatanya facebook adalah sosmed paling populer di dunia, tapi di dalamnya terdapat banyak sekali hal yang tidak sesuai dengan keinginan. Bisa anda saksikan sendiri di FB banyak sekali penipuan, promosi website, akun jualan, phishing, dan berbagai hal negatif yang merugikan.

Apalagi saat ini banyak sekali berita hoax yang disebarkan melalui FB dan menyebabkan kerusuhan yang sering terjadi di berbagai belahan dunia hanya karena berita hoax yang ada di FB.

4. Twitter
Untuk twitter sendiri saat ini bisa dibilang kalah saing namun masih sering digunakan untuk melakukan berbagai promosi. Twitter merupakan sosmed yang penuh dengan dunia politik, tidak percaya? Silakan perhatikan sendiri di twitter, betapa banyaknya aktor politik yang menggunakan sosmed yang satu ini untuk melakukan berbagai kampanye dan kegiatannya.

5. Youtube
Sosmed untuk berbagi video ini memang memiliki sisi negatif dengan banyaknya video yang tidak pantas, namun nyatanya youtube adalah situs yang sangat bermanfaat, khususnya bagi mereka yang ingin menjadi artis dadakan maupun yang ingin mendapatkan keuntungan berupa uang dari program yang dihadirkan oleh Google ini.

Untuk kalian yang gila dengan sosial media, ada baiknya kalian mengurangi kecanduan terhadap sosmed dan mulai menjalani kehidupan sosial yang nyata dengan tetangga dan kerabat anda di sekitar rumah. Sudah saatnya anda mulai move-on dari dunia maya dan melihat ke sekitar.