Penyebab Kulit Telapak Kaki Kering dan Pecah-Pecah Ternyata Karena Kebiasaan Buruk

Banyak orang yang mengalami masalah dengan kulit di telapak kakinya, kebanyakan kulit kaki yang kurang terawat akan mengalami berbagai masalah seperti kering, pecah-pecah, dan bahkan berbagai jenis penyakit lain yang jika dibiarkan akan sangat berbahaya terhadap kesehatan kaki.


Ada beberapa penyakit yang menyebabkan kaki menjadi kering dan pecah-pecah, salah satunya adalah penyakit eksim.

Namun tahukah anda penyebab kulit kaki menjadi kering dan pecah-pecah? ternyata sebagian besar penyebabnya adalah kebiasaan yang sering kita lakukan. Apa saja kebiasaan buruk yang menyebabkan kulit telapak kaki menjadi kering dan pecah-pecah? Berikut adalah daftarnya :

1. Kurang menjaga kebersihan diri
Beberapa penyebab kulit telapak kaki kering adalah karena infeksi jamur yang disebabkan oleh kondisi yang kotor dan lembab, tanda-tandanya adalah rasa gatal yang cukup ekstrim. Biasakan mencuci kaki secara rutin agar terjaga kebersihannya.

2. Kurang minum air putih
Kesehatan kulit akan terganggu jika anda kurang minum air putih, hasilnya bukan hanya kulit telapak kaki yang bermasalah namun bisa membuat kulit di tubuh anda tidak sehat.

3. Keringat
Ada baiknya anda memakai kaos kaki untuk mengurangi keringat yang keluar dari telapak kaki, hal ini dapat menyebabkan tumbuhnya jamur kulit.

4. Alas kaki yang salah
Baik sendal jepit maupun sepatu yang anda gunakan harus sesuai dan membuat nyaman kaki anda, jika tidak maka akan menimbulkan masalah yang cukup serius.

5. Pelembab yang tidak benar
Penggunaan pelembab bisa membuat kaki anda bersih dan sehat, namun pemakaiannya juga harus diperhatikan agar tidak berlebihan dan menjadi masalah.