8 Hal Penting yang Sebaiknya Jangan Diposting Di Media Sosial Anda

Media sosial merupakan salah satu tempat pergaulan maya yang ada di internet, saat ini menjadi jamannya media sosial dengan rajanya adalah Facebook. Ada banyak sekali jenis media sosial yang ada di internet seperti FB, twitter, Instagram, dan lain sebagainya. Selain itu, layanan chatting seperti BBM Messenger juga sudah seperti media sosial karena bukan hanya digunakan untuk sekedar chatting saja.


Bicara tentang tingkah laku para netizen di media sosial, ternyata ada banyak kelakuan bodoh dan aneh yang mereka lakukan hanya untuk mendapatkan perhatian dan diakui oleh teman-temannya. Namun mereka tidak sadar bahwa ada bahaya yang mengintai mereka setiap waktu hanya karena ulah iseng di media sosial.

Ada baiknya anda-anda tidak memposting hal-hal penting di media sosial karena sangat berbahaya, diantaranya adalah :

1. Data pribadi anda
Tahukah anda bahwa ada beberapa netizen yang punya niat buruk terhadap teman-temannya di media sosial? Bayangkan jika mereka adalah pencuri dan mengetahui tempat tinggal atau tempat kerja anda, lalu mereka tahu detail tempat tersebut dan akhirnya menjadikannya sebagai target kejahatan.

Meski media sosial adalah tempat bersosial, namun ada baiknya anda lebih berhati-hati dalam mengungkap data pribadi anda di media sosial.

2. Foto anak-anak
Saat ini sedang marak kasus kriminal yang dilakukan para pedofil kepada anak-anak, dan mereka selalu mengincar anak-anak kecil yang lucu dan polos. Ada baiknya anda tidak usah terlalu mempublikasikan foto dan kegiatan anak-anak anda yang lucu karena bisa mengundang bahaya.

3. Detail tujuan perjalanan
Biasanya para netizen alay selalu memposting tujuan liburan mereka, dan tahukah anda bahwa ada komplotan penjahat yang bisa saja mengincar anda yang sedang bepergian jauh? Mereka diam-diam mengikuti anda dan akhirnya anda menjadi target sasaran kejahatan.

4. Foto pribadi
Sudah banyak kasus yang terjadi di media sosial dimana pencurian foto dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab dan menggunakan foto itu untuk membuat akun palsu dan melakukan kejahatan. Hasilnya, anda yang jadi sasaran, apalagi kalau urusannya dengan polisi, mengerikan!

5. Informasi finansial
Beberapa waktu yang lalu saya melihat seorang bocah polos yang mempublikasikan detail rekening bank di media sosial, kadang juga memposting jumlah saldo di dalamnya. Kasihan sekali jika teman saya itu jadi sasaran hacker yang usil yah, semoga si tidak.

6. Petunjuk kata sandi
Menurut penelitian, kebanyakan orang akan membuat kata sandi yang berhubungan dengan kotanya, tanggal lahirnya, tanggal pernikahan, atau moment-moment spesialnya. Hati-hati pula jika anda memang menggunakan kata sandi seperti itu, ada baiknya jangan share tentang petunjuk kata sandi anda, karena bukan tidak mungkin ada hacker yang usil dan mengetahui password anda.

7. Emosi
Banyak sekali anak kecil (kadang dewasa) memposting kata-kata kotor sebagai wujud limpahan emosi mereka di media sosial. Bukannya menyelesaikan masalah, nyatanya mereka akan menambah masalah lagi dengan teman-temannya. Stop berkata kasar di media sosial!

8. Hal-hal yang berbau SARA
Ada baiknya anda menghindari isu politik, agama, atau bahkan menghina ras dan suku lainnya di media sosial, meski anda menggunakan akun palsu sekalipun. Pikir saja! Hacker yang memakai nama samaran saja bisa tertangkap, apalagi anda yang belum mengerti betul dengan dunia internet yang kejam.