5 Hal Sederhana Yang Bisa Dilakukan Untuk Mengobati Batuk & Pilek

Batuk dan pilek adalah gejala flu yang sering terjadi pada manusia karena berbagai hal, salah satunya adalah cuaca yang berubah dan menyebabkan gejala flu. Sebenarnya penyakit ini sangatlah umum terjadi pada manusia, namun kadang disertai demam dan penyakit lainnya yang mengganggu sehingga kalau tidak segera diobati akan membuat masalah lainnya.


Bahkan dari penelitian dokter THT, ada resiko tuli yang disebabkan karena flu yang terjadi dalam waktu lama. Menurut dokter, flu menahun akan menyebabkan cairan lendir mencapai saluran pendengaran dan tak menutup kemungkinan mengganggu gendang dan rumah siput di telinga yang menyebabkan tuli.

Ternyata ada beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan untuk mengobati flu ketika menyerang tubuh kita, dan hal-hal tersebut tanpa obat-obat kimia yang belum tentu aman. Berikut ini adalah 5 hal sederhana yang bisa dilakukan untuk mengobati batuk dan pilek saat menyerang tubuh kita :

1. Mengkonsumsi sup panas
Sup ayam dan sup sayur sangat cocok dinikmati ketika masih panas, apalagi untuk penderita flu. Aroma yang hangat dapat melegakan hidung yang tersumbat, sedangkan kuahnya bisa digunakan untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang karena ingus yang terus keluar dari hidung.

Sup ini juga bisa diganti dengan makanan berkuah lainnya seperti bakso, apalagi jika dimakan dalam keadaan panas dan pedas.

2. Perbanyak minuman hangat
Anda bisa memperbanyak air putih hangat untuk menggantikan cairan yang hilang, namun jika ingin yang lebih nikmat, anda bisa menggunakan minuman buatan dari teh hangat yang dicampur dengan jeruk nipis dan lemon. Jika anda ingin, bisa diganti dengan jahe atau madu.

3. Bawang putih
Saya pernah melihat penderita flu yang memakan bawang putih mentah, mungkin bagi saya agak menjijikan karena rasanya, namun katanya sangat manjur untuk mengobati flu. Ternyata penelitian tentang bawang putih juga menunjukkan bahwa jenis bumbu dapur yang satu ini bisa menambah kekebalan tubuh. Jika tak doyan memakan mentah, anda bisa memasukkan lebih banyak bawang putih ke masakan untuk mengobati flu.

4. Berkumur air garam
Berkumur dengan air garam selain bisa menghilangkan kuman dan bakteri di sekitar mulut, ternyata bisa membuat tenggorokan yang kering karena batuk dan pilek jadi basah dan mengurangi penderitaan flu.

5. Tidur
Kebanyakan orang yang terkena flu juga akan terkena demam yang menyebabkan tubuh lemas, ada baiknya perbanyak tidur dan istirahat untuk mengembalikan stamina tubuh. Tidur adalah cara yang sangat baik dan mudah untuk menyembuhkan penyakit.