Informasi Menarik Terkait Proyek Pembangunan Jalan Trans Papua

Masa pemerintahan Presiden Jokowi seakan menjadi salah satu berkah khususnya bagi warga di Papua sana, pasalnya pada masa Presiden Jokowi ini, jalan trans Papua yang sudah direncanakan lama akan segera dibangun dan dirampungkan pada tahun 2019. Ini merupakan salah satu bentuk pembangunan nyata yang dilakukan oleh kabinet kerja Presiden Joko Widodo pada masa kepemimpinannya.


Tujuan pembangunan jalan trans Papua
Banyak yang bertanya-tanya, untuk apa pak Jokowi dan kabinetnya bersikeras membangun jalan trans Papua dan menargetkannya sampai selesai? Ternyata ini adalah salah satu kebijakan untuk bisa semakin mempererat NKRI dengan menyeimbangkan fasilitas yang ada.

Nyatanya sebelum jalan ini dibangun, rakyat Papua harus berjalan kaki hingga 3 hari lamanya hanya untuk melakukan sesuatu ke tempat lain. Dan dengan adanya jalan ini, tentunya akan semakin mempermudah perjalanan mereka.

Biaya pembangunan jalan trans Papua
Menurut detik.com, pembangunan jalan trans Papua memakan dana hingga Triliunan Rupiah, yang dikeluarkan secara bertahap. Pada tahun 2016 pemerintah menggelontorkan dana mencapai Rp 2,15 T sedangkan pada tahun 2017 pemerintah menyiapkan dana Rp 2,55 T.

Pembangunan jalan raya yang menghubungkan banyak daerah di Papua ini diharapkan semakin meningkatkan kehidupan di wilayah Indonesia timur ini. Meski mengeluarkan banyak biaya, namun ini adalah hal yang wajar karena nyatanya Papua adalah bagian dari NKRI.

Jalur dan keamanan jalan trans Papua
Jalur trans Papua sepanjang 4.330,7 km ini dikatakan akan menghubungkan daerah Sorong di Papua Barat hingga Merauke di ujung Papua. Dengan adanya jalan ini, diharapkan nantinya Papua akan menjadi salah satu provinsi yang mudah diakses lagi.


Menembus gunung, sungai, bukit, dan hutan belantara dengan kontur tanah yang tidak rata, banyak yang menyangsikan keamanan jalan tersebut. Namun pihak PU mengatakan bahwa mereka akan terus bekerja keras demi memberikan jalan yang aman sesuai dengan standar umum yang ada.

Mengenai pembangunan perumahan dan wisata di sekitar trans Papua
Presiden Jokowi bersama para menterinya sudah merencanakan berbagai pembangunan yang akan dilakukan di sekitar jalan trans Papua ini. Ada pembangunan rumah yang kelak diharapkan bisa menjadi desa atau bahkan kecamatan baru, lalu ada pula rencana pengembangan wisata di sekitar Papua, karena nyatanya provinsi ini menyimpan banyak sekali keindahan di dalamnya.

Memang sudah saatnya pemanfaatan daerah Papua diambil alih oleh Pemerintah, karena sudah terlalu lama pihak Asing yang menikmati kekayaan alam di tanah kita ini.

Penampakan jalan trans Papua
Kita tentunya berharap banyak kepada presiden Jokowi dan kabinetnya agar jalan ini benar-benar dirampungkan dan beres tepat waktu tanpa menimbulkan masalah seperti pembangunan lain. Berikut adalah beberapa penampakkan jalan tran Papua yang menakjubkan :

jalan trans papua akan diaspal sepanjang jalan
 
jalan trans papua akan menembus hutan, bukit, gunung, sungai, dan alam liar

salah satu pembangunan jembatan penghubung di atas sungai papua